Bukan Pertunjukkan Biasa



Kemarin malam, akhirnya-setelah sekian lama berharap saya mendapat kesempatan menonton Ballet Performance. Kebetulan juga event kemarin termasuk spesial karena menjadi ajang ballet performance pertama di new opera house di Bjorvika-Oslo.

Official title-nya: ‘World Beyonds: a night of dance with Jiri Kylian”. Performance yang berlangsung dari jam 18.30 pm-22.00 pm tadi malam diawali dengan instalation art ‘Underworld’ dimana penonton dibawa masuk ke gedung melewati backstage. Hmmm…unik memang. Sepanjang jalan di ‘underworld’ kita bisa membayangkan seperti apa sih ‘kehidupan’ di sana.

Di dunia ‘bawah’ tadi…ada anak kecil bernyanyi, pemusik bermain harpa, gadis berambut sangat panjang (mirip Ratpunzel), liliput, ‘mahluk’ yang sedang berdiri, tertidur dll. Semua ‘penduduk’ underworld tadi mirip dengan kisah2x fairy tale di ‘Little Mermaid’, Peterpan atau mitologi Yunani dan sejenisnya. Lightning yang dramatis, musik yang mendayu2x, suasana yang sepi, dingin, gelap… Kalau saya harus seorang diri masuk ke sana, dijamin nggak akan bisa melangkah lebih dari 10 meter, syeremmm sehhh… (hehe…memang dasarnya penakut…)

Pertunjukkan dibagi ke dalam beberapa sesi: ‘Wings of Wax,”27’52,”‘Falling Angels,”Creation,’ dan yang paling spektakuler ‘Finale fra Arcimboldo,’….

Bagian pertama agak boring karena posisi tempat duduk yang di sisi kiri balkon lantai 1(tiket dipesan 2 hari sebelum pertunjukkan, posisi trategis sudah fully- booked). Anyway, seiring berjalannya waktu, ada tempat kosong 2 bangku di depan yang lebih dekat ke stage dan saya pun pindah dan view-nya lebih baik dari sebelumnya.

Kenapa saya suka bagian terakhir? …Karena efek dramatis, extravagant, spektakular yang dimunculkan. Bagaimana nggak dramatis, seumur2x nonton pertunjukkan di gedung tertutup, baru kali ini saya melihat petasan digunakan sebagai special effect, bukan cuma satu-dua tapi berderet di atas langit2x. Di bagian terakhir ini juga Jiri menggunakan efek cahaya yang menyinari ballerina dan balleri-wan (sorry, saya nggak tahu kalo penari ballet cowok apa yah sebutannya?…), plus layar2x yang berjatuhan dari langit, 48 penari ballet yang memakai kostum keemasan, plus tambahan pernak-pernik detail yang fantastis lainnya. It was amazing!….

Karena penasaran, saya coba search di youtube, ternyata memang Jiri Kylian sudah menghasilkan karya2x yang luar biasa.

Jiri Kylian Biography:
http://en.wikipedia.org/wiki/Ji%C5%99%C3%AD_Kyli%C3%A1n

Falling angels clip:

Hmmm…semoga koreografer Indonesia juga bisa sehebat Jiri.

One thought on “Bukan Pertunjukkan Biasa

  1. christine

    sebutannya ballerino bu ternyata… atau bisa juga disebut danseur.. hehehe.. penasaran, gw search dueh :p

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s