Tempat Tinggal Baru (Sepenggal Cerita dari Sri Lanka (4))

Lanjutan dari Sepenggal Cerita dari Sri Lanka-3

Kenangan dan kejadian yang saya alami di Sri Lanka begitu banyak dan berkesan. Sudah lama ingin saya tuangkan dalam cerita, beberapa peristiwa yang ada selama ini hanya bisa saya rekam dalam ingatan.Inilah salah satunya: sebuah memori tentang Bridge View Hotel…

Batticaloa,17 Januari 2007

Setelah hampir satu minggu lamanya mencari tempat ‘pengungsian’ (mulai dari rumah penduduk,kamar kost,motel dan kemungkinan lainnya) akhirnya saya memutuskan tinggal di Bridge View Hotel (sebenarnya lebih cocok disebut ‘motel’).Untuk staf internasional, ada rule khusus tentang tempat tinggal dan harus di-approve oleh kepala keamanan duty station. Pengecekan dilakukan antara lain melihat jalur emergency exit,akses kendaraan (jika sewaktu2x harus dijemput untuk evakuasi),jendela (apakah tidak membahayakan jika sewaktu2x terjadi ledakan di sekitar lokasi), termasuk kawat anti nyamuk yang wajib di tempat tugas saya karena memang memiliki ‘populasi’ nyamuk yang luar biasa.

Foto: Pemandangan dari Bagian Depan Bridge View Hotel


Pertimbangan saya memilih tempat ini karena faktor kenyamanan dan keamanan (later on,I regret it…)yang paling penting adalah kebersihan dan bisa menjadi tempat ‘berteduh’ setelah seharian bekerja dengan banyak faktor pencetus stress-meski buat saya kamar ini berukuran terlalu besar.

Foto: Tangga Menuju Kamar yang Baru Direnovasi

Kalau dilihat sekilas, hotel yang baru direnovasi akibat rusak terkena hempasan tsunami 2004 lalu (ketinggian air mencapai lantai dua)nampak mewah untuk standar Batticaloa, kamar hotel yang berlantai keramik putih,tangga dari besi yang berkilat, AC dan kipas angin (untuk kamar saya AC dimatikan supaya bisa mendapat diskon, kipas angin pun sudah cukup mengusir hawa panas, menurut saya loh…), toilet yang dilengkapi hot shower (tapi dalam prakteknya tidak pernah berfungsi) plus restoran yang menyajikan makanan favorit saya: devilled chicken (mmm, yummy!) Tidak ada TV (memang sayapun tidak ada waktu untuk TV), namun ada jasa laundry yang murah (yang juga saya sesali kemudian)serta staff yang lumayan ramah.

Foto: Jalan Menuju Pintu Keluar Hotel

Persoalan yang dihadapi untuk tahap ini adalah kehidupan sosial. Lokasi hotel yang ‘in the middle of nowhere’ membuat saya (merasa) terisolasi. Bagian depan hanya padang rumput kosong dan di kejauhan nampak rumah penduduk, di bagian samping adalah pepohonan, bagian belakang adalah rawa-rawa dan semak belukar.Kadang di bagian utama hotel yang baru di renovasi, dari 20 kamar di 3 lantai, hanya saya seorang tamu yang tinggal. Kadang ada peserta loka-karya, staf internasional dari NGO, atau pegawai pemerintah dari pusat yang dalam kunjungan kerja lapangan tinggal selama beberapa hari, that’s all. Paling menyebalkan adalah saat weekend, karena peraturan yang ada hanya membolehkan staf internasional menggunakan mobil resmi kantor untuk mobilitas (official dan personal) karena alasan keamanan. Resiko melanggar ketentuan ini adalah penolakan pihak asuransi untuk mengcover jika ada insiden atau kecelakaan. Padahal jumlah kendaraan yang ada sangat terbatas dan selalu terpakai. Kadangkala, akhir pekan pun harus dilalui dengan urusan pekerjaan. So, basically, I am trapped….

Foto:Rimbunan Pepohonan di Jalan Dari dan Ke Gerbang.Beberapa Kali Saya Melihat Ular dengan Panjang Sekitar 50 Cm Bergelantungan di Atas Dahan. Hiiiyyyyy….

Foto: Hotel Dilihat Dari Rumah Penduduk di Bagian Depan

Meski awalnya saya berencana tinggal di tempat ini untuk 3 bulan (sesuai perjanjian dengan manager hotel),saya hanya tinggal selama kurang lebih 2 bulan saja akibat insiden yang terjadi kemudian…

Bersambung ke Sepenggal Cerita dari Sri Lanka-5

One thought on “Tempat Tinggal Baru (Sepenggal Cerita dari Sri Lanka (4))

  1. Pingback: Oase di Kalutara (Sepenggal Cerita dari Sri Lanka (5)) « My Life, My Search, My Journey

Leave a Reply

