Kegiatan Waktu Luang

Selain suka menulis, saya juga suka dunia melukis. Sayang, tidak banyak pameran lukisan yang bisa saya kunjungi selama di Indonesia. Selain karena lokasi yang jauh dari rumah orang tua di pinggiran Jakarta, juga tidak ada teman yang memiliki ketertarikan serupa.

Foto: ‘The Young Girl’ (cat air, 1995)

Biasanya, ide untuk melukis datang saat saya sedang uring2xan, bete, kesal pada seseorang atau sesuatu dan sejenisnya. Entah mengapa, ide dan kreativitas mengalir deras di saat emosi negatif muncul. Sebaliknya, di saat senang dan gembira, saya justru malas untuk melukis. Biasanya objek lukisan tadi adalah orang, burung atau bunga. Sewaktu duduk di Sekolah Dasar, buku2x tulis bekas saya dan kakak dulu sering menjadi ‘korban’ dari corat-coret ini, termasuk tembok rumah…(hmmm, ternyata diam2x saya memiliki jiwa ‘vandalism’ sejak kecil…untung bisa ‘terkontrol’ dengan baik… :D)

Foto: ‘Keranjang Bunga’ (cat air, 2008)

Pelukis favorit saya adalah Claude Monet dan Renoir, untuk aliran, mungkin saya lebih cenderung ke arah impresionisme atau ekspresionisme. Sayang sekali,tidak ada sistem dokumentasi yang baik tentang karya2x pribadi ini sebelumnya. Beberapa malah terbuang, karena dianggap sebagai kertas bekas yang tak terpakaišŸ˜¦

Lukisan ‘The Young Girl’ diatas dibuat 13 tahun yang lalu, dan sempat ‘terselamatkan’ karena tanpa sengaja terselip di folder dokumen. Kalau tidak salah, lukisan itu saya buat saat sedang naksir-menaksir dengan seorang cowok (haha! kok jadi dangdut begini?… :D)

Foto: ‘Pohon Bambu’ (cat minyak, 2008)

Dahulu di jaman SD-SMA, pelajaran favorit saya adalah Seni Rupa (meski saya juga menyukai Biologi dan Kimia). Saya sempat berharap agar setiap saat jam pelajaran adalah menggambar dan melukis, atau paling tidak waktu untuk mata pelajaran ini lebih lama dari yang lainšŸ™‚

Saat lulus SMA, saya sempat nekat mengikuti ujian masuk Fakultas Teknik Seni Rupa dan Desain (benar tidak yah ini nama resminya…?) di ITB (Institut Teknologi Bandung); meskipun harus menginap (karena waktu ujian yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari selama 2 hari berturut2x). Karena tidak mendapat restu orang tua, dan kurang pe-de (percaya diri)setelah melihat kawan2x peserta ujian lain yang begitu ‘nyeni’ dan eksentrik, akhirnya saya pun melepas keinginan menjadi seniman dan memilih jurusan yang dianggap lebih ‘normal’, yakni: Fakultas Hukum.

Beruntung selama tinggal di Oslo, akses terhadap kegiatan budaya tidaklah sulit diperoleh. Informasi tentang galeri lukisan, pameran, pertunjukkan dan aktivitas seni lain tersebar lewat media cetak dan elektronik serta internet.

Tahun ini, sebagai salah satu ‘New Year’s Resolution’, saya bertekad untuk lebih aktif lagi berkarya dan lebih memiliki disiplin diri. Hmmm,…let’s seešŸ™‚

One thought on “Kegiatan Waktu Luang

  1. Pingback: Hobi Tidak Berguna | My Life, My Search, My Journey

Leave a Reply

