Susah Juga Ternyata… :)

Sudah lama saya berkeinginan untuk mempunyai sebuah ruang untuk menuangkan apa yang ada di kepala. Dulu menulis di diary (buku harian) adalah sarana paling praktis; selanjutnya mengirim artikel ke majalah atau surat kabar cetak (yang ternyata dimuat :D), mengikuti lomba karya tulis atau esai (yang syukurnya bisa mendapat penghargaan :D) juga pernah dilakukan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya kesibukan, seringkali tidak ada cukup waktu untuk mempersiapkan tulisan yang serius untuk media yang serius seperti kolom opini atau jurnal. Untunglah perkembangan teknologi telah memberikan pilihan yang tak pernah terpikirkan sebelumnya: Blogging.

Awalnya, sempat ada kekuatiran bahwa memiliki blog sendiri hanya akan merepotkan, memakan waktu dan tidak banyak bermanfaat. Ternyata…dunia blogging adalah ruang berekspresi yang nyaris tanpa batas yang mudah dengan segala kesulitannya dan sulit dalam kemudahannya (bingung, kan?:D)

Tanpa bermaksud menggurui, kali ini saya mencoba merangkum (berdasarkan pengalaman pribadi), hal2x mendasar yang pernah saya lewati sebagai blogger pemula dari NOL besar pengetahuan tentang blogging, hingga saat ini:

1. Niat
Yang juga berarti ‘visi dan misi’ untuk apa blog dibuat. Niat awal saya membuat blog ini bisa dilihat di Mengapa Saya Membuat Blog Ini?

2. Blogging technique
Di sini mencakup antara lain blog design, blog editing, publishing hingga archiving

3. Blog maintenance
Mencakup seperti networking (untuk memperluas lingkup sosial), backing-up dan lagi2x archiving

Karena memang sudah memiliki niat, kendala terbesar saya adalah ‘blogging techniques’ alias teknis dunia perbloggingan. Memahami istilah seperti ‘html’, ‘java script’, ‘rss feed’, ‘permalink’ dan semacamnya tidaklah mudah bagi orang awam seperti saya. Meski sudah membaca berkali2x dari berbagai sumber berbeda sering kali ‘bahasa planet’ tadi tetap tidak dipahami. Akhirnya, pelajaran harus ditempuh dengan nekat ala ‘trial and error’.

cartoon from www.weblogcartoons.com

Alhasil, peristiwa seperti hilangnya seluruh post tulisan pernah terjadi karena salah mengklik tombol komputer saat mengedit Html layout. Meski post tulisan bisa diselamatkan, namun setting lay-out berubah total kembali ke jaman doeloe😦 saat sign-up pertama kali yang nyaris polos. Pernah juga terjadi kecerobohan dengan memposting tulisan berupa draft yang masih di tengah jalan, hal ini baru disadari setelah beberapa hari kemudian. Belajar dari kesalahan ini, saya menyadari pentingnya ‘backing-up’ data, yang sekarang secara rutin dilakukan dan pentingnya editing, bahkan untuk tulisan yang sudah diposting sekalipun.

cartoon from www.weblogcartoons.com

Selama ini saya mencoba memiliki jadwal tetap untuk memposting satu post setiap hari (kecuali akhir pekan). Keuntungan memiliki jadwal rutin ini adalah memacu otak untuk berpikir setiap hari untuk ide yang akan dituangkan. Di sisi lain terkadang ada perasaan seperti dikejar-kejar untuk menghasilkan satu tulisan di blog (semoga blog ini tidak menjadi blog ‘kejar tayang’ seperti sinetron :D). Hal ini tentu saja bisa ‘mengancam’ unsur kebebasan dalam berkarya dan berkreasi. Solusinya: tetap mengikuti jadwal, namun juga membiarkan ide muncul hingga saatnya muncul di menit2x terakhir. As simple as that🙂

Sekarang saya sedang mencoba membuat ‘expandable link’ untuk post yang terlalu panjang. Setelah membuka banyak website tentang teknik blogging dan menerapkan petunjuk yang diberikan, ternyata tidak semua bisa dipakai di template blog ini. Untunglah, dari sekian kegagalan tadi, pada akhirnya ada satu keberhasilan🙂

Namun, masih ada satu kendala lain: berhubung ‘expandable link’ tadi melibatkan modifikasi kode html, maka perubahan tadi juga berlaku untuk semua post lama (termasuk post yang pendek dan tidak memerlukan feature ini). Akibatnya, para pembaca… saya mohon maaf jika tampilan blog ini, khususnya post yang masih awal dan pendek2x diakhiri dengan embel2x ‘Read more…’ meski tidak ada sambungan teks-nya. Persoalan ini ternyata dialami oleh semua pencipta kode ‘expandable link’ yang dibaca di internet. Pegemana, yah?:D …*garuk2x kepala*

Untuk post lama yang memang perlu dipotong karena terlalu panjang, pada akhirnya kode ‘expandable link’ harus di’copy-paste’ satu demi satu. Untunglah, masih belum terlalu banyak post yang ada di blog ini. Tak terbayang jika harus melakukan langkah tadi satu demi satu di ratusan post misalnya.

Untuk saat ini, saya sedang mencoba menata arsip blog yang nampaknya agak sedikit rumit juga *gigit jari*

Kesimpulan: membuat blog itu mudah dan menyenangkan serta bermanfaat untuk kesehatan hati dan pikiran sebagai katarsis ide. Dengan mencoba ‘membaca’ dan mengikuti jejak2x tulisan selama ini di blog, nampak alur pikiran, mood, perasaan yang dialami saat suatu ide muncul dan dituangkan lewat tulisan. Ada kalanya memori tentang Aceh begitu kuat, kenangan tentang Sri Lanka, suasana musim panas, ketika merasa down, rindu tanah air dan teman2x, kangen pada ibunda (alm), sedang ingin bercanda dan rileks dsb. Bagi saya, blog ini menjadi seperti cermin diri dan tempat melihat ‘jejak-langkah’ di masa lalu untuk berefleksi di masa kini.

Namun, saya masih pemula dan perlu banyak belajar lagi, khususnya untuk menjaga dan merawat blog yang memang perlu sedikit ‘perjuangan’…Hmmm, susah juga ternyata…🙂

Disclaimer:

Cartoon by Dave Walker. Find more cartoons you can freely re-use on your blog at We Blog Cartoons.)

3 thoughts on “Susah Juga Ternyata… :)

  1. Otto_13

    Whuahahaaa…..
    Mbukak posting yang ini kaget setengah hidup…, ada patung siapa tuch…
    Ha..ha…..
    Ealach…, itu tha latar belakang embak…, mangkanya…, tulisannya kok renyah seperti kripik tempe Sanan, Malang, banyak pilihan rasa yang semuanya gurih-enak untuk dinikmati.
    terus blogging wis…, khan di cerita selalu ada di sekitar kita (padahal Otto sendiri sulit menuangkannya..ha..ha…)
    makasih telah berbagi cerita mbak ya….

    Reply
  2. Felicity

    Trims🙂. Karena menulis dan kreativitas tidak bisa dipaksa, yah biarkan saja mengalir… Waktunya akan tiba saat ide muncul lewat hal2x yang kita lihat, dengar, alami atau rasakan dengan sendirinya… BTW, saya kagum loh dengan blog-mu yang cerdas dan kritis. All d best!🙂

    Reply
  3. danalingga

    Hebat juga kamu, bisa nulis tiap hari. Saya malah lagi kesulitan menulis nih. Mungkin perlu istirahat dulu kali ya?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s