17 Agustus 2005

Perayaan 17 Agustus tahun 2005 lalu mungkin tidak jauh berbeda di tempat2x lain di Indonesia. Namun, hari dan tanggal yang sama menjadi sedikit ‘lain’ ketika berlangsung di bumi Nanggroe Aceh Darussalam. Tepat dua hari sebelumnya, kesepakatan damai dengan pemerintah RI ditandatangani di Helsinki yang mengakhiri puluhan tahun konflik berkepanjangan.

Suasana tegang sudah terasa sejak seminggu sebelumnya. Pihak keamanan (dari bocoran yang saya dapat) juga sudah siaga maksimal untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang tidak diharapkan.

Foto: Tarik tambang.

Saat itu, saya mendapat undangan dari para ibu polwan yang bersama kami bertugas mengamankan para pengungsi anak korban tsunami. Acara diselenggarakan di salah satu kamp pengungsi yang dimotori sebuah LSM internasional bekerjasama dengan para relawan.

Foto: Para ‘pengamat’

Acara dimulai dengan lomba makan kerupuk yang diikuti anak2x, disusul lomba lain seperti tarik tambang, panjat pinang, balap karung dan ditutup dengan acara dangdutan.

Foto: Lomba makan kerupuk dan para suporter

Di luar perkiraan saya, penonton yang datang membludak dan penuh antusias mengikuti jalannya pertandingan. Wajah2x penasaran, ingin tahu, bercampur dengan tawa ceria anak2x dan penonton menyaksikan aksi dan atraksi yang berlangsung nampak sepanjang kegiatan berlangsung.

Foto: Reaksi penonton yang beraneka ragam🙂

Di antara wajah2x ceria dan tawa, tentu saja tetap terlihat raut waspada dan sedikit tegang. Membangun kepercayaan seusai konflik memang tidak mudah.

Meski lebih dari 3 tahun sudah saya menginjakkan kaki di tanah rencong untuk kali pertama dan menyusuri jejak2x pelosoknya yang penuh warna, kenangan akan Aceh akan selalu terpatri dalam ingatan. Semoga kedamaian tetap terjaga di bumi serambi Mekah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s