Mandi Cahaya di Akerselva

Akhir bulan lalu ada sebuah acara pesta rakyat tahunan di Oslo yang sayang untuk dilewatkan liputannya, yakni pesta cahaya di sungai Akerselva. Sungai Akers (Akerselva) adalah sungai utama yang membelah kota Oslo (mungkin seperti Kali Ciliwung di Jakarta), memisahkan bagian barat yang dihuni oleh kalangan menengah atas dengan bagian timur yang dihuni kelas pekerja. Meski pemisahan ini tidak lagi berlaku secara baku, namun harga properti di kedua kawasan memiliki perbedaan signifikan hingga saat ini.


Foto: Atraksi lingkaran api

Pada malam di awal musim gugur ini, sepanjang sungai diterangi oleh cahaya ribuan lilin dan lampu beraneka warna. Beberapa kelompok musik tradisional memainkan lagu2x rakyat. Atraksi para pemain akrobat, paduan suara, pameran seni, pertunjukan film, stand LSM untuk program hemat energi dan lingkungai turut meramaikan di sepanjang aliran sungai.

Foto: Kelompok musik tradisional

Pengunjung yang membludak membuat suasana sepanjang sungai penuh sesak. Tua-muda, pasangan atau sendiri, kelompok besar dan kecil, penduduk lokal maupun turis, remaja dan anak2x membaur di antara ribuan orang.

Foto: Mandi cahaya

Saya sendiri datang bersama T yang sudah memasang alarm di HP untuk acara ‘lysvandring’ Akerselva sejak seminggu sebelumnya. Beruntung saat kami datang, banyak ruang tersisa bagi saya yang mungil untuk mengabadikan acara dengan kamera di sela2x himpitan manusia lain😀

Foto: Arus sungai yang kemerahan

Foto: Lilin-lilin kecil di antara batang pohon

Foto: Restoran di tepi sungai

Bagi saya, berjalan di sepanjang Sungai Akerselva malam itu bagaikan memasuki lorong waktu menuju sebuah dimensi lain yang berbeda. Nuansa futuristik, imajinatif, mistis, tradisional membaur menjadi satu.

Foto: Patung eksotik dan cahaya lilin

Para seniman jalanan mendapatkan kesempatan memamerkan karya2x mereka di sebuah bangunan tak jauh dari sungai. Patung2x unik, lukisan, kerajinan tangan dari berbagai media ditampilkan.

Foto: Cahaya kehijauan di bawah jembatan

Tak terasa beberapa jam sudah pesta cahaya ini berlangsung. Pada tengah malam, kami harus meninggalkan acara. Sebuah pesta rakyat sederhana namun menghibur dan bisa diakses oleh semua orang terlepas dari apakah ia berasal dari bagian timur atau bagian barat kota, mungkin inilah inti acara tadi, menghapus sekat dan melupakan perbedaan…, ah indahnya.

Foto: Kota Oslo di malam hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s