Orang Jepang dari Hongkong

Ada satu hal yang sering ditanyakan buat saya setiap kali berada di tempat baru. “Kamu berasal dari mana?” . “Coba tebak…”, biasanya itu jawaban saya sambil senyum2x penuh keyakinan kalau jawaban yang diberikan bakalan salah. Dan…memang kebanyakan salah…

Saat berada di kawasan Eropa, orang mengira saya adalah orang:
1. Filipina
2. Thailand
3. Vietnam
4. Lain2x mulai dari Spanyol sampe Peru (nggak nyambung banget yak)

Nah, posting kali ini adalah tentang pengalaman selama di Sri Lanka,kejadian yang sama selalu berulang… dan hasil tebakan mereka adalah:
1. Orang Jepang
2. Orang Jepang
3. Orang Jepang

Yaolohhh…masak saya yang gosong dan bermata belok begini dibilang orang Jepang?… Jepang dari Hongkong?… (*ngomong dengan diri sendiri*). Percakapan sebagai berikut pernah terjadi (dalam terjemahan sebebas-bebasnya :D):

Bersama anak2x sekolah saat kunjungan lapangan



Orang yang tanya-tanya (OYTT): “Mbak…mbak…aslinya dari mana sih?”
Saya : “Ayo tebakkkk….” *sambil senyum2x sendiri*…(gila dong!…)
OYTT : “Pasti dari JEPANG!” *dengan nada yakin*
Saya : ” JEPANG?…Emang saya kayak orang JEPANG?…” *penasaran*
OYTT : ” Iya!” *mengangguk masih dengan muka yakin*
Saya : ” Nggak kok, saya bukan orang JEPANG!”
OYTT : ” Kalo gitu orang CINA dong!” *dengan nada yakin*
Saya (dalam hati):…”Yaelahhh, nih orang, udah salah pake yakin lagi
Saya : ” Bukan, saya orang INDONESIA”
OYTT : ” INDONESIA?… Mmmmm, oh, MALAYSIA?…”
Saya : ” Bukan MALAYSIA tapi INDONESIA kita tetanggaan
OYTT : ” Ohhh, THAILAND…”
Saya (dalam hati) : “Duh, napa seh, orang kok nggak tau Indonesia?…”
Saya : “Bukan THAILAND, tapi INDONESIA!”
OYTT : “Oyaya, saya tahu… MALAYSIA…MALAYSIA…” *sambil manggut2x*
Saya : “Bukannnn…bukan MALAYSIA, tapi INDONESIA… INDONESIA”
OYTT : ” Ahhh, saya tahu, kamu mau ngerjain saya yah… Kamu pasti orang JEPANG!”
Saya (dalam hati): PRETTTTTT!!!!!!….#¤&/&¤”!!¤&//XXZZZ”#¤…. (bener2x jaka sembung kagak nyambung…)

Keterangan: percakapan serupa sering terjadi bila bertemu penduduk lokal. Ketidaktahuan ini mungkin disebabkan arus informasi yang tidak lancar, wajah orang Indonesia yang tidak familiar, sedikitnya orang Indonesia di Sri Lanka (selama di Batticaloa belum pernah bertemu satupun orang Indonesia dan menurut info, belum pernah ada orang Indonesia ‘berkeliaran’ di sana).

Sementara, LSM dan proyek2x bantuan dari Jepang banyak bertaburan di Sri Lanka, sampai2x ada satu hotel khusus di ibu kota yang penghuninya 90% adalah orang Jepang yang tinggal berbulan2x atau sekedar kunjungan singkat, dari anak muda ABG hingga orang dewasa.

JRENGGGGG….. believe it or not
Awalnya, saya sempat heran saat mendatangi warnet yang dipenuhi anak muda berbahasa Jepang (mirip di Bali), lalu bertemu tamu2x dari Jepang di lobi hotel, melihat orang Jepang menenteng2x seterikaan, sikat dan laundry menuju lift; melihat mereka bercengkerama di restoran, di pusat perbelanjaan, di jalanan…

OMAIGOTTTT….mereka ada di mana-mana…. Tak jarang saya menemui gadis2x muda berpakaian ketat nan seksi, make-up tebal dan tidak mengesankan sedang berada di sebuah negara yang sedang dikoyak perang saudara. Staff lokal saya mengatakan kalau tidak sedikit dari mereka yang menjadi perempuan panggilan sebagai sumber penghasilan, entah benar atau tidaknya saya tidak tahu pasti. Jangan2x ini hanya kebetulan saja karena saya sedang menginap di daerah ‘hotel Jepang’ ini…

Karena keterbatasan kontak dengan orang Indonesia, wajarlah jika bentuk fisik orang dari negara kita tidak dikenal… Saya sempat berpikir, jangan2x mereka mengira semua orang berwajah Asia (selain dari India) adalah orang Jepang… Saya tidak mau melakukan generalisasi, ada juga orang Sri Lanka yang berpendidikan dan mengetahui Indonesia. Namun, bagi masyarakat awam di pedesaan,Indonesia, Malaysia dan Jepang, hampir tidak ada bedanya…

SAYA BUKAN ORANG JEPANNGGGGG!!!!………….

24 thoughts on “Orang Jepang dari Hongkong

  1. princeofborneo

    Iya tuh Mbak, Mbak Feli lebih cocok jadi orang India. Coba deh pakai sari. Jangan lupa hidungnya ditindik, terus pakai gelang yang banyak di tangan. Tinggal acha… acha… nehi… nehi… joged deh ala Kareena Kapoor

    Reply
  2. arqu3fiq

    Mbak Feli Orang Jepang ya? (bukan saya org Indonesia)
    Mbak Feli Org Indonesia Mana? (Hmmmm…..)
    Perasaan mbak Feli Kayak Orng India malahan, tinggal di kasih manggal sutra trus kasih shindur di keningnya dah pasti mirip banget.

    Reply

Leave a Reply

