Di Sini Ada Hantu?… (Bagian 1)

Pengalaman bekerja di daerah pasca bencana dan konflik membuat saya harus mendatangi lokasi yang penuh cerita ‘berdarah-darah’. Kisah penculikan, penyiksaan, pembunuhan sadis, kesedihan, kehilangan dan semacamnya menjadi bagian dari cerita sehari-hari. Kalau sudah begini, saya hanya mohon pada Yang Di Atas, agar diberi kekuatan dan ketegaran hati…

…hotel kecil yang saya tempati dikelilingi oleh rawa2x di bagian belakang, sementara pohon2x besar…

SIAPA YANG MENANGIS?
Saat bertugas di daerah Timur Sri Lanka, di tempat tinggal kedua usai harus mengungsi (lihat post: Mengungsi lagi- Sepenggal cerita dari Sri Lanka- part 6, hotel kecil yang saya tempati dikelilingi oleh rawa2x di bagian belakang, lapangan terbuka di bagian depan dan samping kiri, sementara pohon2x besar dan rimbun berada di sisi kanan (lihat foto di atas)


Tak jarang saya menjadi satu2xnya tamu di bangunan hotel bertingkat tiga tersebut. Sementara bapak tua penjaga pintu bertugas (yang lebih sering tertidur) di palang masuk, berjarak puluhan meter dari kamar saya di lantai 2. Otomatis, saya terisolasi dari dunia luar. Daerah tempat hotel berdiri diterjang ombak tsunami hingga lantai satu dan banyak mayat2x ditemukan di dalam hotel atau di rawa2x belakang hotel, tepat di bawah jendela kamar saya.

Awalnya, mengetahui resiko yang akan dihadapi, saya hanya bisa menguatkan diri dan menjauhkan pikiran dari hal2x negatif (…the power of positive thinking, you know...). Saat gelap mulai merayap… siksaan batin pun dimulai… Tidak ada TV, tidak ada radio, tidak ada teman untuk diajak bicara (hubungan telepon sering diputus mulai dari satu minggu hingga berbulan2x saat operasi militer dilakukan pasukan pemerintah), tidak ada tetangga kamar untuk diajak kongkow2x…

Memasuki jam 12 malam, suara hening bercampur gonggongan anjing, kadang lolongan panjang seperti di cerita2X horor dan suara daun2x kering terinjak binatang lewat menciptakan kesan tersendiri. Saya hanya berharap agar tidak melihat atau bertemu yang aneh2x (amit2x jangan sampe kejadian…)

Hingga satu malam…
Sekitar jam 2 malam, diawali dengan suara lolongan anjing di kejauhan. Sayup2x telinga saya menangkap suara tangisan…datang dari arah rawa2x di belakang kamar… Seperti biasa, saya hanya menutup muka dan telinga dengan bantal, mencoba menghindari yang tidak2x… (baca: self denial technique… hasil ciptaan sendiri *ngaco*))

Foto: Rawa2x di belakang hotel. Dinding lantai dua dalam foto adalah bagian dari kamar saya.

Namun, hingga sekitar 30 menit lebih suara tangisan masih terdengar… Seperti suara anak kecil (laki2x) menangis…. Yang terdengar kian jelas. Saya pun hanya bisa berbicara pada diri sendiri: ” Dear God, napa seh saya yang penakut gini musti ngalamin yang aneh2x… Biasa aja dong…” Sambil berharap dan ‘menghibur diri’: “Yah, ini kan bukan Indonesia, ‘mereka yang tak terlihat’ pasti nggak ngerti bahasa saya dan membatalkan niat buat iseng karena ‘hambatan komunikasi’ bahasa“… Hingga: “Tapi…, kalo ‘mereka’ bisa cas-cis-cus Bahasa Inggris gimana?…WAAKKKKKSSSS… GAWATTTSSS……”

Suara tangisan kembali terdengar. Saya hanya mencoba tidur, yang memang sesekali tertidur, lalu terbangun, dan tertidur lagi… Tangisan itu berlangsung (berdasarkan perkiraan), antara jam 1 hingga jam 3 pagi. Malam2x berikutnya kejadian sama berulang beberapa kali… Kadang suaranya mirip suara perempuan… Seperti biasa, saya hanya berdoa mohon kekuatan dan perlindungan, sambil tetap (memaksa diri) tertidur. Sebagai tambahan: dalam kamar saya ada 2 tempat tidur, satu selalu kosong namun… saya merasa seperti ada ‘sesuatu’ di sana.

Yah sudahlah… asal tidak macam2x atau menganggu saja… Beruntung masa tinggal saya di tempat ini segera berakhir (dengan paksa)…(lihat post: Mengungsi Lagi- Sepenggal Cerita Dari Sri Lanka part 6
Berlanjut ke:Di sini ada hantu? – part 2

 

16 thoughts on “Di Sini Ada Hantu?… (Bagian 1)

  1. Pingback: Percaya Nggak Percaya | My Life, My Search, My Journey

Leave a Reply

