Musim Ski Telah Tiba !… :D

Saat ini, selain dingin yang mulai menusuk tulang di kota Oslo, salju mulai tebal di beberapa tempat di luar kota khususnya di dataran yang lebih tinggi. Artinya: musim bermain ski segera dimulai, horeee!!!… *jingkrak2x*

“…Tidak seperti terlihat di film2x… persiapan sebelum berski ternyata ribet- belibet…”

Pengalaman pertama saya meluncur di atas ski terjadi pada musim dingin tahun 2006 lalu di Norwegia. Tidak seperti yang terlihat di film2x yang sebelumnya ditonton. Persiapan sebelum berski ternyata lumayan ribet-belibet.

Persiapan itu antara lain: pakaian yang dikenakan tubuh, yang langsung bersentuhan dengan kulit harus terbuat dari wol murni, lalu jaket fleece yang juga 100% wool, diikuti jaket wind-proof (kedap angin), celana water-proof (kedap air), pelindung kaki, kaus kaki wool, sepatu ski, syal, penutup kepala, kacamata ski, sarung tangan,bekal makan siang, minuman dan air panas (jika akan berski selama beberapa jam), baju hangat ekstra dll.

Persiapan lengkap di atas mutlak diikuti, jika tidak mau menggigil kedinginan di tengah jalan. Selain itu, papan luncur ski yang akan dipakai harus dicek, diberi wax (lapisan lilin) agar tidak terlalu licin.

Usai mengecek rute yang akan dilalui, barulah teknik ber-ski dipraktekkan. Bagi pemula, berdiri di atas papan ski dengan baik dan benar, tanpa jatuh adalah sebuah prestasi awal. Menjaga keseimbangan juga butuh latihan. Selanjutnya, kombinasi antara keseimbangan, kekuatan kaki dan tangan serta teknik berski wajib selalui diingat.

Urutan belajar berski yang saya lalui –berdasarkan pengalaman pribadi dan ilmu dari mereka yang sudah mahir– antara lain: teknik menjaga keseimbangan, teknik meluncur, teknik mendaki (fishbone, berjalan mengikuti bentuk tulang ikan), teknik mengerem, teknik berbelok dan yang tak kalah penting: teknik jatuh!….

Bagi pemula, teknik jatuh penting karena bisa menentukan parah-tidaknya luka yang dialami. Keputusan penting harus diambil dalam waktu singkat. Suatu kejadian dua tahun yang lalu, saat sedang meluncur dengan cepat di jalan menurun, saya tidak bisa menguasai keseimbangan. Pilihan yang ada:

1. Jatuh menabrak pohon (titik benturan tidak jelas)
2. Jatuh menabrak gumpalan salju di sebelah pohon (titik benturan di wajah)
3. Jatuh tengkurap (dada terlebih dulu)
4. Jatuh dengan bokong lebih dulu (terjengkang)

Berdasarkan perhitungan singkat di kepala, saya memilih jatuh menabrak gumpalan salju di muka, karena:

1. Gumpalan salju yang ada adalah salju lunak
2. Kalau jatuh menabrak pohon, tengkurap atau terjengkang, impak atau benturan yang terjadi pasti lebih keras dan menyakitkan.
3. Nggak rela kalau harus jatuh di atas bokong😀 (sakit booo…tulang semua seh, hehe)

Foto: Jatuh dengan sukses…😀

Kadang, teknik jatuh tidak selamanya bisa dipraktekkan. Saat meluncur dengan cepat dan tidak bisa menjaga keseimbangan, selain harus tetap tenang, kita pun harus pasrah (hehe…kalo jatoh seh jatoh aja deh…, nasebbb…)

Karena masih harus banyak berlatih dan belajar teknik yang baik dan benar. Alhasil pengalaman terjendut2x, babak-belur dan bonyok2x sedikit pernah saya alami (no pain, no gain… you know😀)

Foto: Jatuh dengan sukses, lagi…😀

Terakhir kali, tahun lalu saat berski di Beitostølen di trek sepanjang 30 KM, saya terjatuh di sebuah turunan tajam dan mengalami patah kaki. Persoalannya… saat itu kami ada di tengah2x gunung tinggi, dengan salju di sepanjang jalan dan terisolasi. Lalu???… Tenang… ada palang merah yang menyiapkan posko setiap musim berski tiba. Berdasarkan statistik, tahun lalu dari semua posko di seluruh Norwegia, ada ratusan korban yang mengalami kecelakaan beraneka ragam.

Setelah menghubungi posko via HP, sekitar 15 menit kemudian sebuah scooter datang menjemput. Ternyata pengalaman naik scooter ini tak kalah mengasyikkan. Mayannn… Seperti naik motor di atas salju. Seru dan mendebarkan…

Dah dulu ye, aye mau berangkat ke gunung lagi mau maen ski…
Moga2x cuma kejendut, nggak pake patah2xan lagi…
Hepi wiken!

26 thoughts on “Musim Ski Telah Tiba !… :D

  1. Pingback: My Sporty Valentine’s Day « My Life, My Search, My Journey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s