Natal di Norwegia: Jadi Tukang Kue

“…Pusat perbelanjaan diserbu para pemburu
hadiah natal …”

Seperti halnya di Indonesia, menjelang hari Natal, berbagai kesibukan dan ‘kerusuhan’ pun melanda penduduk di Norwegia. Mulai dari ranah privat di tingkat rumah tangga hingga ranah publik (deuh, bahasanya… tolong dehhh…). Pusat perbelanjaan yang dipenuhi para pemburu hadiah natal, jalan2x utama yang dihiasi lampu warna-warni, pohon2x natal raksasa dan pernak-perniknya hingga berbagai konser musik serta acara hiburan bernuansa natal

Dan… sebagai bentuk nyata kepedulian dan bakti pada mertua *wink-wink*, saya pun ikut membantu persiapan hari istimewa tersebut, yakni: memakan… ooppss… membuat kue2x natal😀. Mengikuti tradisi, jumlah kue natal yang kami akan buat berjumlah 7 macam. Agenda awal adalah membuat ‘Adventkake’ dan ‘Berlinkranser’.

Kue Advent (Adventkake) mirip seperti bolu berisi aneka kacang (walnut, almond, kacang mede plus kurma… yup kurma. Pembuatannya sederhana dan tidak rumit, secara garis besar: kacang2xan dicampur kuning telur yang direbus (dan dihancurkan), plus kuning telur mentah, gula dan sedikit terigu. Adonan diletakkan di dalam cetakan, dimasukkan oven selama sekitar 2 jam dan voila!… kue siap disajikan.

Foto: Adonan kue ‘Berlinkranser’ sebelum dan sesudah di oven

Pembuatan kue ‘Berlinkranser’ sedikit rumit. Bahan2x seperti terigu, telur, mentega, baking powder, gula yang dicampur kemudian dibentuk, diolesi putih telur dan ditaburi gula. Untunglah saya biasa membantu ibunda di Jakarta saat mempersiapkan natal, mental pun sudah teruji untuk bertahan menghadapi berbagai ‘cobaan’ dan rintangan yang ada😀.

Kami sempat kesulitan menggunakan cetakan kue. Adonan yang terlalu dingin membuat kue sulit dicetak dan membutuhkan tenaga ekstra, hanya untuk sebuah kue. Berdasarkan pengalaman, saya berinisiatif mengaplikasikan teknik yang biasa dipakai ibunda di Jakarta untuk tahap akhir, yakni menggunakan kuas kue untuk mengolesi putih telur dan menaburi gula kemudian secara keseluruhan. Sebelumnya, T’s mom tidak menggunalan kuas, tetapi memasukkan adonan ke dalam putih telur satu persatu dengan tangan dan gundukan gula yang membuat adonan menjadi gepeng2x.

Foto: Berlinkranser

T‘s mom berkali2x memuji hasil akhir adonan yang saya bentuk (terjemahan bebas): “Wow, belum pernah saya melihat adonan kue serapi ini!” (Saya (dalam hati): Masak sehhh?… Bisa ajah… Ikke jadi nggak enak *blushing*…).

“It is so perfect!…Kamu pinter banget sih bikin kuenya… Ckckck…” Lagi2x pujian meluncur dari mulut T’s mom yang sedang memegang loyang berisi kue yang akan dimasukkan ke dalam oven. Saya hanya tersenyum, menikmati pujian (narsissss…:D). Saat T’s mom sibuk memuji dan melihat ke arah saya, ia tidak memperhatikan posisi loyang yang menyenggol tepi oven. Tiba2x saja… GUBRAKKKKK!!!!….. loyang dan kue2x malang di dalamnya pun jatuh berhamburan ke lantai dapur.

Dengan panik T’s mom menyesali kejadian itu. Saya berusaha menenangkan agar beliau tidak terlalu merasa bersalah. “Don’t worry. It’s not a big deal…”, sambil memungut dan membentuk adonan mentah kue yang kembali gepeng2x dan berantakan. Dalam hati saya berpikir, mungkin memang pamali (pantang) menyebut kue sempurna (kue gitu lohhh…) 😀

Foto: Halaman rumah yang tertutup salju… Brrrrr…

Acara membuat kue ini menghabiskan waktu sehari penuh untuk dua macam kue. Di luar jendela, salju yang putih dan cahaya matahari nampak begitu indah. Sayang, tak lama kemudian kabut mulai turun, membuat suhu semakin dingin mencapai -15 derajat Celcius!!!. MUANTABBBBB…

*BRRRRRRR….*

Source: ‘Expert’ Catalogue, December 2008 (picture no. 1)

13 thoughts on “Natal di Norwegia: Jadi Tukang Kue

  1. Denmasrul

    Gak bisa ngomong deh..lihat foto2 diatas.. bener-bener kue ren.. kueren.. keren gitu loh.. Suasana yang belum pernah saya alami langsung… saya suka banget dengan suasananya.. so romantic. Kirim dong kuenya ke Bontang🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s