Turis Kejar Setoran (Part I)

Kunjungan ke London kali ini dilakukan dalam rangka mengikuti pelatihan di salah satu college di pusat kota. Peserta pelatihan adalah mahasiswa program master di Department of War Studies di kampus tersebut. Saya datang sebagai pengamat mewakili lembaga di Oslo yang akan melaksanakan pelatihan serupa.

Kesan pertama tentang London jauh dari bayangan saya sebelumnya…

Kesan pertama tentang kota London jauh dari bayangan saya sebelumnya yang sempat ‘menuduh’ tempat ini sebagai kota metropolis yang angkuh dan dingin. Ternyata, orang2x yang saya jumpai di jalan pada umumnya ramah, selalu bersedia menolong saat ditanya dan memiliki atmosfer yang tidak seganas apa yang ada dalam film2x detektif atau kriminal yang terekam dalam otak ini(kayaknya saya salah satu korban trauma film ‘Jack the Ripper’ neh).

Foto: Mumi jaman Mesir Kuno di the British Museum

Secara umum, peserta dan pengamat pelatihan hampir 100% berasal atau tinggal di UK, berusia awal 20-an hingga pertengahan 30-an, lumayan memperhatikan penampilan dan modis (penduduk di Oslo lewat deh…). Berdasarkan pengamatan, bagi yang masih jomblo, ajang ini lumayan potensial untuk flirting atau cuci-mata (nggak ngaruh buat saya seh, hmmm… sayang sudah ada hubby, hehe *dilempar T pake stik ice-hockey*

Usai pelatihan, barulah saya memiliki waktu 1,5 hari untuk menjadi turis. Waktu yang terbatas membuat saya dan T (yang menyusul ke London belakangan) harus betul2x bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Target pertama: The British Museum.

Foto: Hmmm, pernah lihat dimana yak?…

Sesuai kesepakatan, pada dua jam pertama kami akan mendatangi sayap peninggalan Mesir Kuno, Yunani Kuno dan Romawi Kuno (pilihan saya banget gitu loh…) Sedangkan dua jam selanjutnya adalah pilihan T, yakni kebudayaan Persia Kuno, Persepolis, Iran Kuno, serta Maya-Inca-Aztec, Mexico, Chili (T bangettt… nggak jauh2x dari Latin America… Tapi, napa justru berjodoh dengan orang Indonesia yang ada di ujung benua lain yak…, salah baca peta tuh, mas😀)

Terus-terang, saya sangat terpukau dan tak henti2xnya berdecak kagum sambil menghela nafas menyaksikan benda bersejarah yang dipamerkan. Artefak barang2x kuno berasal lebih dari 2000 tahun SM (artinya sudah berumur lebih dari 4000 tahun!!!…) masih terawat dengan baik. Berada di tempat ini seakan membawa saya kembali ke masa lalu, mengingatkan kembali pada gambar2x serta kisah2x yang ada dalam buku pelajaran sejarah di sekolah. Petikan Hukum Hammurabi, ikon dari masa Mesopotamia, Babylonia, Assyria, Nebukadnezar, kisah tentang dewa Ra, Isis, Ishtar, Anubis, Mumi… semua terpampang di depan mata secara langsung.

Foto: ‘The Rosetta Stone’, salah satu benda bersejarah yang menjadi ‘selebriti’ di museum. Bagi yang penasaran, silakan dicek lagi buku sejarah masing2x…😀

Selain itu, barang2x sehari2x seperti sisir, tali kekang hewan, mainan anak, alat musik, surat (yang berupa bongkahan batu besar), perhiasan, alat makan-minum dsb juga dipamerkan. Melihat keindahan dan betapa detilnya hasil karya yang dibuat ribuan tahun lampau membuat saya kagum akan daya seni serta kreativitas penduduk yang hidup di masa tersebut.

Foto: Kotak kosmetik (hmmm, ternyata para perempuan tempoe doeloe juga suka dandan…)

Foto: Boneka dari terakota (dohhh, kalo kena getok di kepala mayan deh…minimal benjol2x dikitlah😀)

Foto: Tiga patung granit patung King Sesostris III, Dinasti ke 12, sekitar 1850 SM dari Deir el-Bahri

Di sayap Romawi dan Yunani Kuno, nampak patung2x pualam yang menggambarkan dewa-dewi, senjata para gladiator, perhiasan, barang sehari2x, kerajinan tangan dsb. Di salah satu sisi, terpajang deretan koin asli bergambar Julius Cesar, Mark Anthony dan Cleopatra yang legendaris. Anehnya, wajah Cleopatra dalam koin tidak secantik seperti yang selama ini digembar-gemborkan (maap tante Cleo, bukan saya sirik loh, ini pendapat subjektif aja kok, mmmm… pernah sih ada orang bilang begitu juga… jangan marah ya… Pisss… Give me five, tan…)

Ada beberapa kemungkinan menurut hasil karangan saya pribadi yang sungguh ngaco dan tidak layak dipercaya:
(1) Wajah dalam koin bukan wajah Cleopatra asli;
(2) Si pembuat koin tidak menganut aliran melukis Realisme;
(3) Mesin cetak koin kurang bekerja maksimal, daya presisi dan akurasi rendah;
(4) Kisah kecantikan Cleopatra hanya gosip belaka (yaelahhh,… jangankan sejarah ribuan tahun yang lalu, sejarah masa kini aja banyak yang dibelokkan dan dimanipulasi kok, belok kanan-kiri, miring dikit, dipoles, ditambah, dikurangi, bungkusssss…)

Kesimpulan: Cek dan Ricek memang diperlukan untuk uji kebenaran suatu kabar berita… hehe infotainment kaleee…

Foto: Koin asli bergambar Cleopatra dari jaman 32 SM (ayo, coba lihat baik2x gambar tante Cleopatra…)

Foto: Tempat duduk bayi peninggalan jaman Romawi Kuno… (batu semua bok… tuh, bayi yang jadi modelnya aja sampe nangis… *sambil elus2x bokong*)

Tak terasa 4 jam lamanya telah berlalu, waktu yang terlalu sedikit bagi kami untuk menelusuri museum yang memiliki koleksi luar biasa ini. Dengan berat hati, saya dan T meninggalkan the British Museum sambil berjanji dan berharap agar suatu saat bisa datang kembali…

Foto: Kubah The British Museum yang artistik

Agenda selanjutnya adalah mendatangi sasaran lain yakni: Buckingham Palace, Tate Museum of Modern Art, Westminter Abbey, St. Paul’s Cathedral, St. James Park, the Parliament Building (dan ‘the Big Ben’), Soho, Picadilly, Trafalgar Square, London Eye, plus Her Majesty Opera… (weleh2x….bener2x turis kalap… Sikatttt….hajar blehhhh….!!!😀)

Foto: Tongkrongan turis yang sedang kejar setoran

Wokeh, berlanjut ke Turis Kejar Setoran (Part II)
to be continued…

 

29 thoughts on “Turis Kejar Setoran (Part I)

  1. Pingback: “Kok kamu gosong sih?…” « My Life, My Search, My Journey

  2. Pingback: Tersesat…Lagi. « My Life, My Search, My Journey

  3. Pingback: Saat Harus Melewati Pos Imigrasi Itu… « My Life, My Search, My Journey

  4. Pingback: Turis Kejar Setoran (Part II) « My Life, My Search, My Journey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s