One Fine Day

Bagi mereka yang tinggal di Norwegia, matahari adalah sesuatu yang sangat jarang ditemui di musim dingin, karenanya langit yang biru dan cahaya matahari yang bersinar tak akan disia2xkan. Biasanya tempat2x untuk aktivitas ski, skating, aking (sledging) dll akan dipadati oleh mereka yang ingin menikmati hari yang indah ini.

Seringkali dijumpai pemandangan unik saat berski, khususnya saat melihat interaksi para orang tua yang membawa anak2x mereka. Beberapa kali saya harus ‘bersaing’ dengan balita yang kecil dan mungil di jalur ski. Hmmm….jangan salah, biarpun nampak imut2x, anak2x kecil di sini sudah pandai berski karena banyak dari mereka sudah mulai belajar berjalan di atas papan ski sekitar usia 2 tahun dan di usia 5 tahun mereka sudah sangat mahir.

Foto: Anak yang sedang mogok melanjutkan perjalanan.


Dari pengamatan yang ada, sepertinya kita bisa menebak karakter orang tua saat melihat respon mereka terhadap anak yang tiba2x ngambek, mogok, mengamuk atau menangis saat beraktivitas.

TIPE ILMUWAN

Di sebuah tikungan menurun di jalur ski yang dipadati pengunjung…

Si Anak (+/- usia 3 tahun): “Mama…. saya takut meluncur ke bawah… Nanti kalau jatuh bagaimana?”, sambil duduk jongkok di atas papan ski.

Si Ibu: “Jangan takut, kamu hanya perlu menekuk kedua lutut dan meletakkan berat badan di lutut. Kalau kamu mempraktekkan yang mama bilang, maka ‘the center of gravity’ (pusat gravitasi) akan ada di kaki dan kamu nggak akan jatuh…” , dengan nada yakin dan berharap bahwa si anak akan menyimak.

Saya: Hanya bisa tersenyum takjub… Yaolohhhh….anak umur 3 tahun sudah diajari tentang ‘the center of gravity’….Ckckck…  *sambil mencoba mengingat kapan saya mendapat pelajaran tentang gravitasi di bangku sekolah*….Hmmm…kapan ya?…

Foto: Ngambek…

TIPE MILITER

Anak yang sedang ngambek: “Papa,…saya nggak mau lanjut…. Capekkkk…..”

Ayah : “Ayo bangun! Kamu pasti bisa…. Jangan mau kalah dengan si Andre tuh di depan kamu. Hap…hap…happ… Satu…dua…tiga… Satu…dua…tiga…”

Hmmm… Good luck!… *Saya melewati mereka dan salut dengan semangat si ayah yang mencoba menyemangati tanpa putus asa*

TIPE SUKA MAKAN

Anak :”Saya nggak mau lanjutttt…. Sakittt di kaki…di tangan….di kepala…huhuhuhu* sambil setengah berteriak dan menangis.

Ortu:” Ya sudah kalau kamu nggak mau lanjut, nanti kita nggak bisa makan wafel…. Enak loh wafel di cafetaria sana, pake selai berri, krim, apalagi kalo dimakan dengan sirup manis hangat…slurrrppp….nyammm…nyammmm”

Saya: Mmmmm masak siyyy????…. Ada wafel di cafetaria sana?…. Duh, harus buru2x sebelum kehabisan!!!….

TIPE YANG PEDULI PADA KESEHATAN

Anak: “Mama, ayuk balik…pulang aja yuk….saya mau nonton TV…”

Ortu: “Loh kok balik?… Sekarang kita harus ski karena mumpung ada cahaya matahari. Kamu tahu nggak kalo cahaya matahari itu mengandung banyak vitamin D?… Penting untuk pertumbuhan tulang loh, ski juga bisa membakar kalori supaya kamu sehat dan nggak sakit bla…bla…bla…”

Yup…setuju…setuju…. *Saya hanya menyimak dalam hati sambil mengiyakan nasehat si orang tua tadi*

TIPE YANG HOBI SHOPPING

Anak:”Mama… sarung tangan saya kekecilan deh kayaknya…” *sambil bersungut2x*

Ortu:” Masak sih kekecilan, padahal itu yang kemarin kita beli di ‘Cubus’ yah. Eh, di ‘H&M’ atau ‘Kappahl’?… Ya sudah besok kita jalan ke mall di Sandvika, mumpung lagi ada diskon…kayaknya mama juga pengen beli celana baru deh”

Saya: Wah, sedang ada diskon rupanya di Mall Sandvika…. Makasih ya sudah kasih bocoran…😀

Foto: Menolak untuk jalan

Kesimpulan: Anak2x tetaplah anak2x, banyak tingkah polah mereka yang sering membuat kita tersenyum sendiri dan takjub, dimanapun mereka tinggal dan berasal. Dan….orang tua harus senantiasa sigap berimprovisasi serta menangani beragam situasi agar tetap terkendali🙂 *duh, sok tua yeeee….*

28 thoughts on “One Fine Day

  1. mamahnya tatoga

    kayaknya gw pertama tipe ilmuwan dulu deh.. berusaha ngejelasin dengan bahasa yang (semoga) bisa mereka (anak2) mengerti.. tapi mungkin gak lama, fel.. langsung ganti jadi tipe militer kalo anaknya ngambek gak kelar2.. fiiuuhh… 😀

    Reply
  2. Pingback: My Sporty Valentine’s Day « My Life, My Search, My Journey

    1. Felicity Post author

      Iye…bawaan gw dari lahir kali ya say…’curiosity’ is my middle name… (ini kata orang2x deket gw…sampe mereka capek karena gw kebanyakan nanya2x n pengen tahu…trus pegemana dunk?…)

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s