Menghargai Privasi

K
erahasiaan pribadi (Bahasa Inggris: PRIVACY) adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk mempertahankan kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri…       (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kerahasiaan_pribadi)

PRIVASI atau ruang pribadi adalah hak setiap orang yang harus dihargai. Ini bukan hanya milik selebriti atau orang terkenal saja, tetapi juga dimiliki oleh orang2x ‘biasa’ dan rakyat kebanyakan. Sayangnya, hal ini sering dianggap sebagai sesuatu yang remeh dan tidak penting. Bagi saya hal yang bersifat privasi antara lain saat saat ada yang:

1. Menanyakan pekerjaan yang ujung2xnya pada jumlah GAJI atau penghasilan
“Wah, dek Feli sudah berapa lama kerja di kantor yang sekarang? Enak ya”
“Dulu kuliah dimana? Biaya pribadi atau beasiswa?”
“Gajinya berapa?…Pasti besar ya…Saya penasaran loh…” *ngotot*
“Saya tebak ya….segini bukan (menyebut angka)….”

Karena kesal diganggu terus-menerus dengan pertanyaan tadi, saya menyebutkan angka kasar. Alhasil percakapan ini berakhir dengan Bapak Y yang terhenyak tidak percaya dan saya yang merasa bodoh karena sudah terlalu jujur dan naif.

Lesson-learned: jadi orang jangan terlalu jujur yeee….. Harus bisa berdiplomasi dalam menjawab pertanyaan2x sulit serta menjebak.. Jika dihadapkan dalam situasi serupa, biasanya saya akan bertanya dalam hati kepada yang bersangkutan: “CAN YOU HANDLE THE TRUTH?“….. kalau tidak siap, lebih baik dilupakan saja…. gitu saja kok repotttt……

2. Menanyakan tentang PASANGAN
“Gimana sih rasanya punya pasangan bule? Enak ya?…”
“Mana fotonya T? Kok nggak pernah dipasang di FB atau blog?”

Biasanya saya menjawab dengan kalem sambil tersenyum:

“Biasa saja kok, sama dengan lainnya. T nggak mau mengekspos foto di internet karena alasan privasi”

PLISSSSSS…… GET A LIFE!!!!
(terjemahan: bukan urusan ente tauuuuu….)

3. Menanyakan hal yang terkait dengan STATUS SOSIAL
“Kapan loe jadi ibu? Kok nggak hamil2x sih?”

Ummmmm….memangnya mudah memproduksi anak? Seperti barang cetakan begitu?…. Pesan sehari, ekspress…langsung jadi…pffff...

“Loe jalan2x mulu, banyak uang ya….”

Yang jelas saya jalan2x dengan uang sendiri….bukan dengan uang kamu.

“Enak ya bisa tinggal di LN, punya suami bule…”

Kalo punya suami bule so what?….Saya tetap harus dan ingin mandiri tanpa tergantung suami. Tinggal di LN itu berat dan penuh perjuangan, jatuh bangun hingga nangis darah…. tapi saya nggak mau berkeluh kesah. Semua ini adalah sebuah perjuangan. Jangan dilihat yang enak2xnya saja.

4. Menanyakan hal yang bersifat FISIK
“Fel, loe kok gosong banget sih….”

Well….kalo saya berwarna jingga atau hijau terang pun itu nggak ada urusannya dengan kamu….

“Tomboy banget sih….pake rok napa sekali2x….”

Yeeee…. saya berhak memutuskan baju yang ingin saya pakai. Yang merasakan repotnya pakai rok saat harus mengejar2x bis atau naik turun tangga kan saya…. memangnya kamu mau saya naik gunung dengan rok????

Hal2x di atas menjadi bahan refleksi bagi saya untuk belajar menghormati dan menghargai privasi teman, kolega, saudara, bahkan suami sendiri baik dalam bentuk ucapan langsung, tulisan, status dan foto di FB maupun media internet. Dan kalau ada yang masih usil bertanya2x hal yang bersifat pribadi biasanya saya hanya tersenyum……sementara dalam hati berkata:

…MIND YOUR OWN BUSINESS….

(terjemahan: urusilah ‘dapur’ kamu sendiri, jangan usil dehhh…..)

34 thoughts on “Menghargai Privasi

  1. Pingback: Culture Shock di Tempat Kerja | My Life, My Search, My Journey

  2. Mrs_Lair&Company

    So true, Mbak🙂
    Saya tidak senang dgn pertanyaan2 diatas juga!
    Susah mau dijawab atau tidak, ya! Mind your own business🙂
    Salam kenal🙂 Nice blog and keep up the good work!

    Reply

Leave a Reply

