Bertahan di Musim Dingin

 winter6 copy

Sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Kutub Utara maka musim dingin di Norwegia dikenal lumayan ekstrim. Suhu rata2x di puncak musim dingin di kota Oslo yang notabene ada di dataran rendah berkisar antara -13 C  sampai -15 C. Tahun lalu bahkan mencapai suhu – 22 C . Berikut adalah informasi penting dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi untuk bisa survive menghadapi musim dingin:

1. Jaga bagian kepala, tangan dan kaki agar tetap hangat.

Biasanya panas tubuh keluar lebih cepat di bagian kepala, tangan dan kaki, dan panas tubuh tadi akan keluar lebih cepat lagi jika kita tidak menggunakan perlengkapan yang memadai. Karenanya melindungi kepala dengan topi kupluk yang solid dari material yang baik sangatlah penting. Untuk anak2x biasanya dianjurkan untuk memakai balaklava (seperti topeng yang menutupi kepala sampai bagian leher dan terbuka di bagian wajah) dilengkapi dengan topi tahan angin dan semacam scarf yang menutupi bagian dagu, hidung dan mulut. Untuk bagian wajah perlu diwaspadai agar bagian telinga, ujung hidung, pipi, dahi tidak beku.  Mati rasa di bagian tersebut atau melihat bercak putih di pipi adalah gejala awal radang dingin atau frosbite yang tidak bisa dianggap remeh.

Foto: Aktivitas di atas fjord yang membeku. Musim dingin bukan berarti harus berdiam di dalam rumah terus…

winter8-8

O ya, udara dingin sekitar  -13 C dapat membuat sebagian orang sulit bernafas (apalagi jika memiliki hidung manusia tropis seperti saya…hehe…😀), kalau sudah begini scarf  bisa dipakai untuk menutupi hidung, mulut, dagu dan membantu mengurangi dinginnya udara yang kita hirup. Namun, perlu diperhatikan agar tubuh tidak terlalu lembab akibat  berkeringat saat beraktivitas atau memakai jaket terlalu tebal misalnya. Keringat yang terkespos udara dingin bisa dipastikan akan mendatangkan masuk angin dan flu.

2. Wool is the best! 

Wool adalah material yang diperoleh dari hewan khususnya domba dan bisa juga dari hewan lainnya. Cashmere (kashmir) dan mohair diperoleh dari sejenis kambing, angora dari sejenis kelinci, qiviut dari sejenis moose, vicuna, alpaca dan camel dari keluarga onta.

Beberapa kualitas yang membuat wool menjadi bahan pakaian terbaik untuk dipakai saat musim dingin antara lain:

– Wool masih bisa menahan panas bahkan ketika basah, sementara katun hanya bisa menahan panas saat kering. Tingkat kerapatan serat wool yang lebih tinggi membuatnya dapat menahan udara dan panas lebih baik dari bahan lain.

– Serat wool bersifat hydrophilic yakni mudah menyerap kelembaban tetapi tidak berongga, karenanya dapat menyerap kelembaban hampir sepertiga dari beratnya sendiri.

– Wool tidak mudah terbakar dibandingkan bahan lain seperti katun atau serat sintetis, memiliki tingkat penyebaran dan api, pelepasan panas yang rendah dan tidak meleleh atau menetes dan bersifat self-extinguishing  (padam dengan sendirinya) jika memang terbakar dan memiliki tingkat racun yang rendah dari asap yang dihasilkan. Keunggulan ini membuat wool banyak digunakan untuk bahan karpet di lokasi yag menuntut tingkat keselamatan tinggi seperti lantai pesawat terbang atau kereta serta banyak digunakan untuk bahan pakaian bagi pemadam kebakaran, tentara atau profesi lain yang rawan bersentuhan dengan kebakaran.

Kualitas wool ditentukan oleh beberapa hal seperti diameter serat, warna, proses pengolahan, hasil akhir dan kekuatannya. Diameter serat memegang peranan penting dalam penghitungan harga jual, kualitas dan karakteristik wool. Biasanya wool jenis merino memiliki kualitas terbaik dan digolongkan dalam beberapa tingkatan berdasarkan diameter dalam mikron dan jenis seratnya seperti: ultrafine, superfine, fine, medium dll.

Yang penting untuk diingat bahwa TEBAL-TIPISNYA baju tidak mempengaruhi hangat atau tidaknya baju bersangkutan saat dikenakan. Baju tipis dengan kandungan 100% merino wool misalnya bisa jauh lebih efektif daripada baju tebal berbahan campuran dengan kandungan wool yang sedikit.

Foto: Winter = Perjuangan😀

winter6-6

Bagaimana dengan FLEECE???

Jika berbicara tentang FLEECE sebagai bahan material, maka yang dimaksud adalah POLAR FLEECE  yakni serat sintetis dari polyethylene terephthalate (PET) berbeda dengan wool yang berasal dari hewan. Berikut adalah pro dan kontra antara bahan wool dan fleece:

Wool:

– Bisa menjadi sangat berat jika basah dan memakan waktu lebih lama untuk kering

– Beberapa wool bisa menimbulkan gatal2x dan iritasi di kulit

– Biasanya memakan banyak tempat, kurang elastis dan tidak praktis saat packing untuk perjalanan jauh

– Harganya lebih mahal, khususnya wool yang bagus seperti merino wool

TETAPI……

Wool memiliki sirkulasi udara yang baik untuk tubuh, penjaga panas tubuh yang lebih baik dari fleece, lebih hangat dan lebih aman karena tidak mudah terbakar.

Fleece

– Tidak mudah basah, cepat kering jika terendam air.

– Lebih murah dibandingkan wool

– Ringan, lebih tipis dan praktis untuk perjalanan jauh di musim dingin.

TETAPI…..

Bahaya terbesar dengan bahan fleece adalah sifatnya yang MUDAH TERBAKAR. Berada di dekat bara api saat mengenakan jaket fleece sangat tidak dianjurkan. Suatu saat saat  usai membantu mertua membakar sisa2x kayu di halaman kabin di gunung saya menemukan lubang2x kecil di jaket fleece yang dikenakan waktu itu. Ternyata, tanpa disadari butiran2x api kecil terbawa angin dan menempel di jaket berbahan fleece saya dan menimbulkan bekas seperti gigitan tikus di sana-sini, huhuhu…

KESIMPULAN: Jika ingin hangat dengan instan, wool adalah solusi terbaik. Jika ingin beraktivitas untuk jangka waktu lama si luar ruangan seperti berolahraga di musim dingin, maka fleece adalah pilihan. Bisa juga keduanya dikombinasikan, lapisan baju dalam wool yang tipis, ditutup dengan lapisan jaket fleece dan…yang terpenting adalah lapisan terluar yang sebaiknya jaket tahan air dan tahan angin.

3. Berpakaian  yang baik dan benar dan tidak menganggap remeh udara dingin.

Musim dingin bukan berarti kita hanya berdiam di kamar dan tidak dapat beraktivitas. Sebaliknya, keluar dari kamar dan menghirup udara segar musim dingin justeru dianjurkan — juga bagi anak2x — sepanjang memiliki persiapan yang baik dan tetap berhati2x dan tidak ceroboh.

Foto: Contoh long john atasan berbahan wool

winter3-3

Foto: Contoh boots musim dingin yang bersol karet, nyaman, aman…tapi sayang lumayan mahal🙂

winter4-4

Perlengkapan mendasar yang dibutuhkan saat musim dingin antara lain:

– Long john, yakni baju dalam yang biasanya terdiri dari bagian atasan berlengan panjang dan bawahan panjang semata kaki. Biasanya yang wajib dipakai selama musim dingin adalah long john bawahan berbahan wool, sementara atasan long john berbahan wool dipakai saat suhu ekstrim (lebih rendah dari -10 C) atau saat beraktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu lama.

– Sarung tangan berbahan wool. Jika ingin bermain2x di salju  maka sarung tangan berbahan  kedap air (water proof) dibutuhkan agar tangan tetap kering.

– Pelindung kepala (kupluk) berbahan wool atau berbahan kulit yang tahan angin. Sangat dianjurkan untuk memakai kupluk yang bisa melindungi bagian telinga (sedikit panjang). Di beberapa negara 4 musim dikenal juga pelindung telinga (ear protection) yang mirip walkman, namun di Oslo benda ini nampaknya kurang populer.

– Scarf, penting untuk melindungi leher sekaligus bagian hidung dan dagu saat dibutuhkan.

– Kaus kaki wool.

– Sepatu boot, dianjurkan memakai sepatu yang bersol karet, tahan air serta yang memakai teknologi bahan Gore-Tex atau Thinsulate. Bahaya lain yang mengancam di musim dingin adalah terpeleset atau jatuh saat berjalan di atas jalanan yang berlapis es karenanya sepatu dengan sol yang baik sangatlah penting.

– Jaket tahan angin. Sedangkan untuk aktivitas yang memakan waktu lama di luar ruangan seperti ski maka jaket kedap air sangatlah penting.

Jadi, kalau digambarkan, lapisan2x baju yang digunakan untuk sehari2x saat winter kurang lebih:
Long john wool (langsung bersentuhan dengan kulit)+ baju biasa (bisa t-shirt untuk atasan, jeans untuk bawahan) + sweater (sebaiknya yang mengandung wool atau berbahan fleece) + jaket luar

Untuk diketahui: 

Gore-tex adalah material dan merk dagang dari W. L. Gore and Associates yang menyerupai lapisan teflon yang kedap air (water-proof). Umumnya merupakan pengembangan thermo-mekanis polytetrafluoroethylene (PTFE) dan produk fluoropolymer lainnya. Banyak digunakan dalam banyak aplikasi produk, namun kegunaannya yang paling dikenal adalah sebagai lapisan dari produk jas hujan, sepatu, sarung tangan, celana untuk aktivitas outdoor dll.

Thinsulate (gabungan dari  thin and insulate)  adalah merk dagang dari  3M Corporation untuk sejenis serat sintetis yang banyak dipakai dalam produk pakaian seperti jaket, sarung tangan, topi, celana panjang, sepatu boots dll yang berfungsi sebagai penahan panas.

Supaya mudah diingat: gore-tex berfungsi sebagai lapisan bahan kedap air sementara thinsulate sebagai bahan yang menjaga panas tubuh. Keduanya bersifat breathable yang artinya dapat mengatur kelembaban tubuh melalui proses evaporasi (penguapan), hal ini penting saat beraktivitas di luar ruangan saat  tubuh banyak menghasilkan keringat

Lapisan terluar tubuh seperti jaket memegang peran krusial selain lapisan dalam wool. Jaket musim dingin yang baik adalah yang tahan angin (wind proof) dan/atau tahan air (water proof) khususnya bagi mereka yang ingin beraktivitas di luar ruangan di musim dingin. Solusi praktis untuk jaket yang akan digunakan sehari2x di kampus atau pusat kota adalah bubble jaket  atau bubble goose down jacket yang biasanya terlihat tebal dan membuat pemakai terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya. Di negara2x bermusim dingin jenis jaket semacam ini sangat beragam mulai dari harga, bahan sampai model yang diproduksi untuk laki2x maupun perempuan mulai dari model tradisonal sampai yang stylish sekalipun.

Foto: Beberapa model jaket musim dingin

winter2-2

Di negara seperti Norwegia ada perlengkapan lain yang penting digunakan saat gelap mendominasi hari2x di musim dingin, dalam bahasa norsk disebut refleks (bahan yang bisa merefleksikan cahaya atau bersinar di kegelapan). Hal ini penting khususnya bagi pejalan kaki agar bisa terlihat dengan jelas untuk menghindari kecelakaan. Refleks ini bisa berupa jaket, gantungan kunci atau bahan elastis yang bisa dipakai di pergelangan jaket atau kaki.

Foto: Jaket luar dengan refleks yang baik meningkatkan visibility dan membuat  yang bersangkutan mudah dilihat di kegelapan

winter

4. Perlindungan dari dalam

Selama musim dingin cahaya matahari adalah sesuatu yang langka.  Tak jarang langit hanya nampak kelabu, gelap dan dingin  selama berminggu2x. Di puncak musim dingin di Oslo misalnya matahari bisa terlihat pukul 10 pagi dan menghilang pukul 2 siang dan tanpa terasa tiba2x hari sudah menjadi gelap lagi seperti malam. Hal ini bisa menimbulkan beberapa hal seperti Seasonal affective disorder (SAD) atau dikenal juga dengan winter depressionwinter blues,seasonal depression yakni gangguan mood atau tanda2x depresi yang dialami orang dengan kesehatan mental yang umumnya baik di sepanjang tahun.

Foto: Musim dingin yang didominasi warna putih, langit kelabu dan minimnya cahaya matahari bisa mempengaruhi mood

winter1-1copy

Tanda2x mereka yang mengalami  Seasonal affective disorder (SAD) lain:

Sulit tidur atau sulit bangun tidur di pagi hari dan tidur berlebihan, keinginan makan terus-menerus khususnya makanan yang mengandung karbohidrat, merasa kurang energi, sulit konsentrasi dan tak mampu menyelesaikan tugas sehari2x, mengasingkan diri dari aktivitas sosial, teman, keluarga dilanjutkan dengan depresi, rasa pesimis, tidak berdaya, tidak bahagia, rasa was2x sampai keinginan bunuh diri (wedewww….amit2x….jauh2x...)

Jangan anggap remeh sariawan atau flu yang tidak sembuh2x, rasa lesu dan kurang energi  yang terus-menerus saat musim dingin karena bisa jadi ini adalah gejala winter blues, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan orang yang dipercaya atau tenaga medis terdekat.

Dan…..untuk mencegah hal2x tak diinginkan seperti SAD di atas, maka salah satu hal wajib bagi mereka yang tinggal di Norway adalah meminum FISH OIL  (minyak ikan) setiap hari khususnya saat musim dingin.

Foto: Fish Oil, minyak ikan, tran….suplemen penting untuk bisa survive. Bagi yang tidak tahan bau amis ikan di produk minyak ikan biasa (lihat gambar bawah sebelah kiri) bisa meminum yang sudah dilengkapi rasa jeruk nipis (gambar bawah sebelah kanan). Ada juga dalam bentuk tablet, tetapi daya serap tetap produk yang cair seperti ini tetap lebih baik.

winter5-5

Mengapa FISH OIL penting?

Jawabannya terletak pada kandungan omega-3 fatty acids di dalamnya yakni docosahexaenoic  acid [DHA] and eicosapentaenoic  acid [EPA] yang penting untuk kesehatan mata, sistem syaraf di otak, aliran darah dan produk FISH OIL yang dilengkapi dengan VITAMIN D akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi hari2x musim dingin yang menantang.

Yang perlu diingat adalah tetap berpikir positif. Hari2x dingin akan berlalu cepat atau lambat. Dan….meskipun dalam suasana musim dingin tetap banyak keindahan yang bisa kita nikmati…🙂

Foto: Matahari terbenam di depan rumah, -16 C

winter7-7

Tambahan: 

Salah satu trik SURVIVE ALA KEPEPET yang dulu diajarkan senior saya dari Indonesia duluuuu…..saat pertama kali menghadapi winter di Den Haag bersama pelajar yang lain adalah memakai baju berlapis2x…dan… tidak ada yang memberi tahu kalau…

 WOOL DOES EXIST! 

Mungkin para senior juga tidak tahu bahwa wool itu penting saat winter (yeahhh…siapa juga kepikiran tentang wool saat kita besar di negara tropis?...). Syukurlah kami bisa melewati hari2x musim dingin dengan selamat, waktu itu vitamin C dosis tinggi tidak pernah lupa saya minum setiap hari untuk memperkuat daya tahan tubuh. Tidak ada pula yang memberi tahu tentang MINYAK IKAN atau FISH OIL. I wish I knew it before... Moga2x sharing di postingan ini bisa bermanfaat buat yang lain🙂

TABIK

————————

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Wool

http://en.wikipedia.org/wiki/Long_underwear

http://en.wikipedia.org/wiki/Seasonal_affective_disorder

http://www.dailymail.co.uk/health/article-2180298/Are-hooked-fish-oil-The-natural-wonder-drug-proven-treat-range-conditions.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Thinsulate
http://en.wikipedia.org/wiki/Gore-Tex

69 thoughts on “Bertahan di Musim Dingin

  1. Adi

    Wah blognya bagus sekali mba. Berguna bgt buat saya, mau ke Norway Agustus ini.
    Mba, Kalau wool dengan jaket “berisi” bulu angsa itu ketika dipakai bedanya bagaimana? Kata beberapa orang lebih cocok pakai yang berisi “bulu angsa”.

    Makasih penjelasannya..

    Reply
    1. Felicity Post author

      Hai Adi, makasih buat apresiasinya.

      Agustus itu bulan yang pas karena Norway sedang cantik2xnya dan hangat2xnya🙂

      Jaket bulu angsa biasanya lebih mahal dan lebih hangat. Tapi secara estetis bikin pemakainya tambah gemuk juga karena biasanya lumayan menggelembung. Tapi saat summer rata2x orang di sini pakai tank top, shorts, sepatu sandal dan jarang pakai jaket bulu angsa (biasanya buat winter). Tapi, kalau kita ngga tahan dingin ya sah2x aja pakai jaket bulu angsa saat summer…. paling ya resiko dilihatin orang🙂 cuek saja, daripada sakit. Kalau mau stay lama di Norway melewati winter mending beli jaket bulu angsa di sini saja karena kualitasnya lebih bagus dan lebih banyak model, cuma harganya memang rada mahal.

      Reply
  2. irene

    hi mba, nice blog..
    mba, klo sepatu boots / sarung tangan, saya masih suka bingung deh.. ada yg bilang klo kulit juga tahan dingin…plus minus nya apa ya mba antara kulit dan wool… oiya utk sepatu, bludru itu termasuk tahan dingin gak ya?

    thanks infonya

    Reply
    1. Felicity Post author

      Hai Irene, kalau kulit tahan dingin tapi nggak tahan air. Kalau kena air jadi lembab, berat dan dingin. Nggak direkomendasikan kalau salju sedang turun soalnya salju turun kan kena jaket lama2x mencair.

      Yang terbaik adalah yang kedap air dan kedap angin (water and wind proof).

      Buat sepatu nggak rekomen beludru kalau buat outdoor. Tergantung musimnya juga (kalau autumn atau spring masih bisa), asal nggak bersalju atau terlalu dingin. Biasanya sepatu beludru itu lebih banyak buat indoor shoes (di kantor atau party)

      Reply
  3. Merrie

    Salam Kenal. Terima kasih untuk postinganya. Mau tanya mba…saya rencana september awal ke Oslo. Sudah pusing nih mikirin perlengkapannya :p Kira- kira temperatur dinginnya berapa ya ? Sepatu apa yang ideal ya? Terima kasih🙂

    Reply
    1. Felicity Post author

      Hai, salam kenal. Buat sepatu coba cari yang solnya karet agar nggak licin dan yang waterproof supaya nggak basah saat kena salju, kalau bisa yang boots. Buat suhu bulan September belum terlalu dingin, mungkin sekitar 5 C.

      Reply
  4. fafa

    Mbak, kalau longjohn dipakai di dlm ruangan yg hangat selama minimal 3 jam apakah bikin gerah & keringetan? juga kalau misalnya dipakai saat musim gugur dg suhu 15 derajat bisa jugakah? Kalau pakai manset dulu baru longjohn efektif tdk? Terima kasih banyak🙂

    Reply
    1. Felicity Post author

      Yang penting long john-nya langsung bersentuhan dengan kulit….di dalam ruangan bisa dipakai juga kok…buat orang Indonesia, dalam ruangan pun di sini juga dingin🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s