Musim Panen

feli14

Bulan2x terbaik mengunjungi Norwegia adalah antara bulan Juni-September, selain karena alasan suhu yang lebih bersahabat juga karena alasan pilihan aktivitas yang lebih beragam dan pemandangan yang lebih indah. Di tepi jalan, di halaman rumah, di lembah dan pegunungan akan nampak bunga2x cantik yang bermekaran beraneka rupa dan warna, buah2x lokal juga mudah ditemui dengan harga murah bahkan gratis (kalau dari kebun sendiri)😀

Biasanya buah yang paling banyak ditemui produksi lokal adalah apel, plum, berbagai jenis berries (strawberry, blue berry, red berry dll). Berbagai jenis jamur juga banyak tumbuh di dalam hutan dan siap dipetik di akhir musim panas atau di musim gugur. Aktivitas memetik beragam berries liar dan jamur di hutan ini adalah ajang sosial rutin yang biasa dilakukan antara sesama teman hang out ataupun sesama anggota keluarga. Selain menciptakan keakraban, ada kepuasan berbeda memakan bahan makanan organik hasil panen sendiri.

Foto: Alat seperti ‘sisir’untuk memetik blue berry dan red berry

feli3 copy

Modal yang diperlukan untuk memetik berries dan jamur adalah kesabaran dan pengetahuan membaca medan. Biasanya buah berries liar suka tumbuh di antara jenis pohon tertentu yang agak terbuka dan terekspos cahaya matahari. Sebaliknya, jamur suka tumbuh di wilayah yang lembab dan gelap. Jika ada aliran air di tengah hutan yang gelap dan lembab, dijamin akan ditemukan banyak jamur. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di postingan jadul ini

Foto: Hasil yang diperoleh dalam 30 menit😀

feli1 copy 3

Setelah lebih dari setengah jam biasanya keluhan yang dirasakan adalah pegal2x di pinggang karena terlalu banyak merunduk. Tapi memetik berries tidak terlalu sulit, setelah 1 jam bagi seorang pemula biasanya sudah bisa memenuhi satu ketel penuh (volume sekitar 5-6 liter)

Foto: Anggota tim pemetik buah berry :bapak mertua, ibu mertua, hubby dan menantu yang baik hati dan tidak sombong (ehm :D)

feli5

Karena pada dasarnya termasuk orang yang detail-oriented, saya tidak akan meninggalkan satu pohon sebelum semua berries betul2x sudah dipanen. Sementara T (hubby) dan bapak mertua biasanya lebih suka ngobrol, diskusi dari A sampai Z sambil sekenanya menyisir berries. Kadang saya protes karena menjadi yang paling cepat selesai dan harus menunggu sementara mereka terkesan asal2xan dan kurang menjiwai….(hayahhh….apa cobaaa….)

Foto: Hasil sampingan, jamur kantarel dan jamur batu

feli6

Selain berburu buah liar di hutan, panen juga harus bisa dilakukan di kebun di rumah kami. Salah satu nilai tambah membeli rumah tua adalah ‘warisan’ pohon2x dari penghuni terdahulu. Di depan rumah misalnya ada tujuh pohon apel, satu pohon plum yang sudah tua, beberapa pohon blue berries, pohon ceri, pohon pir belum lagi sejumlah strawberry liar yang sering muncul di teras belakang rumah.

Foto: Salah satu jenis apel di kebun yang jusnya berwarna merah muda

feli12

Foto: Strawberry liar di teras belakang rumah. Salah satu kebanggaan orang Norwegia adalah buah Strawberry mereka yang terkenal manis alami dan berdaging empuk. Sayang hanya bisa ditemui saat musim panas saja.

felicia2

Kalau sudah musim panen buah, mau tak mau setiap hari kita harus mengumpulkan buah2x yang berjatuhan di rumput agar tidak membusuk dan menjadi mangsa hama pengganggu Iberian Snail (semacam siput berwarna hitam sebesar ibu jari). Dalam satu masa panen dalam sehari bisa terkumpul lebih dari 30 kg apel…ini baru yang berjatuhan. Belum lagi buah2x plum, buah berries, buah pir dll….

Mengingat saya dan hubby bukan petani atau pekebun profesional….yang ada bisanya kami harus memutar otak bagaimana memanfaatkan hasil kebun tadi.

Foto: Hasil panen di kebun dalam satu hari, duhhh….. buat apa lagi ya?

felicia copy

Sejauh ini kami sudah bolak-balik membuat:

APPLE PIE

feli4

BUBUR APEL

feli9

JUS APEL (pagi, siang, sore, malam)…kenyang…deh….

feli18

SELAI…SYRUP….MANISAN…. dkk

feli8

Setelah mengalami sendiri kebingungan mengolah dan memanfaatkan hasil panen, saya jadi teringat pengalaman saat mengunjungi teman SD di rumahnya yang memiliki kebun rambutan di tepian Jakarta. Saat pulang dari kunjungan tadi setiap orang mendapat oleh2x ‘ suvenir’ berupa buah rambutan hasil dari kebun sendiri sebanyak setengah karung!, plus buah pepaya dan buah kecapi😀 Waktu itu saya sangat takjub dengan kedermawanan ortu si teman. Hmmm….barangkali mereka juga mengalami persoalan yang kami alami setiap musim panen… siapa tahu?

Apakah ADA IDE LAIN selain membuat jus, sirup, selai, pie, cake, manisan dari apel dan plum ….?

……

34 thoughts on “Musim Panen

  1. Adnan

    widih,,,keren bgt bisa punya rumah penuh dg buah2an gitu,,,klo bingung,,,mending diekspor k indonesia aja,,,tau nggak,,,di foodhall senayan jakarta itu,,,satu buah buah plum harganya,,,mahal bgt,,ampe 20ribuan,,,trus buah berry satu kotak kecil sekitar 1/4kg an itu bisa nyampai 80- 100 rbuan lah,,,,apel dsni yg airnya merah masih blm ada,,,mgkn klo dijual d indonesia jd mhl bgt x ya?,,,,,

    Reply
    1. Felicity Post author

      Diekspornya ribet prosedurnya ya mas…kayaknya nggak sanggup deh🙂 Serius? 1 buah plum harganya 20 ribu? ckckckck…berry juga?….weleh…weleh….di sini sampai busuk di pohon karena nggak ada yang petik….

      Reply
  2. hunnihonning

    Fel, bagi gw yg blm mempunyai kebun, sommer adalah musim yg menyenangkan. Kita bisa belanja di matbutikk sdh byk apel, jordbær, plum, dan berry2an. Btw gw lg nyari niy resep cara bikin apple pie🙂 mantab kayanya!

    Reply
    1. Felicity Post author

      Gampang bikn apple pie kok🙂

      BTW, kalo mau metik berries liar bisa di Oslo marka loh….tapi musti saingan sama yang lain kayaknya, kalo lagi beruntung ada tempat2x tertentu yang banyak berry+nya dan tersembunyi….temen gw tahun lalu ada yang dapet 8 kilo lebih kali ….🙂 lumayan buat bikin homemade saft sama blåbær pie….

      Reply
      1. hunnihonning

        Uda jd apple pie nya😉
        Wahh mantab tar gw guggel deh di mn berry2 tsb berada di oslo😉 thanks infonya😉

        Reply
        1. Felicity Post author

          Pasti yummy deh apple-pie-nya….nggak susah bikinnya kan?🙂 Kalo mau berry-hunting kayaknya sekitaran akhir Juli – awal September deh…. nunggu sampe mereka siap panen dulu….🙂

          Reply
      2. hunnihonning

        ohya gw kmrn “gå på tur” ke skog dan danau deket rumah, search “mariholt” sepanjang perjalanan byk bgt pohon bær, trus biasa si borr tanya2 kt nya musim panen nya bener skitar juli-sept.

        apple pie enakkk🙂 nam nam.

        Reply
  3. helenamranani

    Iihh.. pengen bgt punya kebun buah.. keren panen buah dari kebun sendiri.. *.*
    Berarti buah2 di supermarket di Norway ga laku dunk mba klo semua org punya kebun buah,,

    Reply
    1. Felicity Post author

      Kalau buah apel suka ngga dilirik di supermarket saat sedang panen apel lokal….soalnya banyak yang punya kebun apel…apalagi kalau di luar Oslo dikit. Kalau orang sini bangga banget sama Norsk Strawberry alias strawberry asli sini…. memang rasanya manis alami…musimnya juga terbatas cuma 2 bulanan pas summer.

      Punya kebun buah sendiri senang memang…tapi musti telaten juga…dan musti rajin dirawat…saya sih rajin makannya dan melihat buah2x saat sedang panen aja🙂

      Reply
  4. Ainur Rofiq

    Coba saya kesana mbak, tak panen trus tak jual. Hahahahaha….
    saya gak tahan lihat buah apel merah itu. pengen tak petik langsung di makan di situ. Heeeemmmm…..

    Reply
    1. Felicity Post author

      Di sini mau jual juga sudah banyak yang punya di kebun masing2x🙂 jadi banyak yang berjatuhan gitu…. iya seneng metiknya….tapi lama2x pusing juga kalau terlalu banyak…

      Reply
  5. Pingback: Tinggal di Rumah Tua | My Life, My Search, My Journey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s