Pesta Kepiting

felice9

Di kantor2x Norwegia biasanya ada acara gathering atau kumpul2x tahunan standar seperti SOMMER FEST (Summer Party) alias Pesta Musim panas yang diadakan sekitar akhir Juni atau setelah pertengahan Agustus (karena bulan Juli biasanya orang sudah libur sebulan penuh). Acara kumpul2x lain adalah JULEBORD (Christmas Dinner) diadakan menjelang natal di akhir November atau awal Desember yang sifatnya lebih formil berbeda dengan summer party yang lebih santai dan informal.

Beberapa kantor memiliki ‘kreativitas’ sendiri mengadakan acara kumpul2x selain dua acara ‘wajib’ di atas. Kantor saya misalnya memiliki acara rutin tahunan bernama KRABBE FEST (Crab Party) alias PESTA (MAKAN) KEPITING…

The party is on….🙂

Hmmm….Dekorasinya sederhana dan terkesan acak2xan…tapi kok cantik dan enak dilihat yah… *berpikir*
felice7

Buat standar Indonesia, orang Norwegia bisa dibilang sangat informal dan tidak terlalu peduli dengan gengsi, hiasan atau sesuatu yang bling-bling (seperti dalam postingan dilarang sombong ).

Untuk acara party dan kumpul2x seperti PESTA KEPITING di kantor saya ini misalnya meja ruang meeting dibuat berjajar panjang, dialasi dengan kertas coklat besar (biasa buat sampul buku anak2x sekolah di Indonesia😀 ), alumunium foil (supaya mudah dibersihkan nantinya), hiasan daun dill, potongan jeruk nipis, mayones, hiasan daun pakis, potongan daun selada  yang semuanya ditaburkan acak di atas meja bersama kepiting2x dan udang2x rebus. That’s all…

Menu utama pesta kali ini tentu saja… KEPITING….

felice4

Buat mereka yang tidak terlalu suka atau tidak bisa makan kepiting seperti saya syukurlah disediakan menu lain yakni UDANG yang direbus di air asin dan AYAM PANGGANG… yang bumbunya sederhana tanpa rempah2x beraneka ragam tapi yummy. Tentu saja, pelengkap masakan seperti mentega dan roti tidak ketinggalan.

Foto: Roti dan mentega yang wajib ada🙂

felice1

felice3

Foto: Dill, dedaunan yang biasa digunakan sebagai pelengkap SEA FOOD seperti ikan, udang, kerang dan sejenisnya. Bisa dipotong kecil2x dan dicampur sebagai taburan atau dimakan langsung.
felice13

KEPITING REBUS yang disajikan ini sangat sederhana persiapannya, pihak panitia membeli kepiting yang sudah direbus (tanpa bumbu) dari supermaket yang harga per kepiting berukuran 150-200 gr (cukup buat satu orang) sekitar Rp. 50.000 rupiah. Udang yang direbus hanya memakai bumbu garam, sementara ayam yang dipanggang hanya memakai lada, garam, bawang putih, jahe, bubuk paprika, madu yang sudah dibumbui dari supermarket dan sekaligus dihangatkan, PRAKTIS BUKAN?

felice6

Kalau dipikir2x, makan kepiting itu sebetulnya RIBET BIN REPOT…. Peralatan standar yang dipakai untuk makan kepiting di Norwegia meliputi cara paling sederhana seperti:

Dengan TANGAN KOSONG…
felice15

Memakai TANG khusus untuk memotong cangkang
felice10

Juga STIK dari logam yang berujung agak runcing
felice14

Juga…. PALU…!!!!
felice16

Nah, terasa kan PERJUANGAN untuk bisa makan KEPITING2x ini?…..

Karenanya saya memilih untuk cukup memakan dua potong AYAM dan setengah kilo UDANG REBUS saja. Mengikuti pepatah: Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung….mau tak mau saya TERPAKSA, DENGAN TIDAK SUKARELA mengikuti prinsip makan orang lokal yakni: apapapun makanannya, harus ada roti.

Dan jadilah, ayam bakar serta udang rebus tadi dimakan dengan ROTI

Foto: Saat seperti ini membuat saya  teringat Indonesia… :)  *pengen-makan-nasi*

felice8

O ya, memakan udang sebetulnya juga cukup merepotkan, karena kita harus mengupas kepala dan ekor satu persatu. Biasanya juga jika dilihat dari proporsi sampah yang dihasilkan adalah 70%: sampah VS 30% daging yang bisa dimakan Tidak percaya?…Coba lihat berikut…🙂

Udang yang masih utuh
felice17

….30 menit kemudian…

felice18

Setelah bersusah payah mengupas satu demi satu bagian udang yang siap dimakan berkurang drastis, kecuali jika kita mau memakan kulit, kepala dan ekor yang tidak dianjurkan karena beresiko tersedak, paling tidak batuk2x  *info-nggak-penting*

Setiap orang dalam PESTA KEPITING ini rata2x memakan 2-3 ekor kepiting sebelum akhirnya beralih ke menu udang atau ayam. Saya sendiri meski terpaksa memakan ayam dan udang dengan roti…. ajaibnya ternyata bisa merasa kenyang juga. Hehe.

Pesta yang dimulai jam 16 sore di kantor ini  terus berlanjut selain makan2x juga diiringi percakapan mulai dari yang ringan hingga berat sampai lewat tengah malam, hingga sampai jam 2 dini hari lebih.

Sementara saya permisi pulang  setelah merasa kenyang sekitar jam 18 sore…dan langsung mencari, ehm….NASI….  TEUTEPPPP.….….

Nasi…mana Nasiiiiii????…… 😀

#nasi-lover  #tak-bisa- pindah-ke-lain-roti

TABIK

32 thoughts on “Pesta Kepiting

  1. arinidm

    Mbak, sambil makan sempet jg yaaa ngefotoin orang yang lg makan kepiting, tiap tahap pula😆 Awalnya saya rada ngiler liat kepiting, udang, sama ayamnya Mbak, tapi pas baca bumbunya, errr kok jd ilang selera ya Mbak ngebayangin rasanya secara kita itu biasa makan penuh bumbu kan Mbak.😀 Btw sebenernya kalo makan ayam n udang pake roti bakal enak juga sih, asal ayamnya disuwir-suwir dulu di atas roti, n ada saos sambal atau minimal saos tomat, hehehehe

    Reply
    1. Felicity Post author

      Iya, soalnya melihat mereka ini ribet banget makannya, pakai tang dan palu segala, penuh perjuangan deh pokoknya. Saya sih santai aja makan cukup ayam panggang yang simpel dan yummy.

      Eitttsss….jangan salah, meski bumbunya cuma garam dan lada (plus perasan jeruk nipis sesuai selera) tapi rasanya enak loh…. Aroma udang dan ayamnya terasa banget….(kepitingnya saya nggak sempat icip2x)

      Wah, kamu pernah coba udang dan ayam denga roti ya….. Duh, saya ini perutnya sudah default setting buat nasi, susah dirubahnya….ngga makan nasi 3 hari berasa kembung dan masuk angin…norak banget tapi ya begitulah….😀

      Reply
      1. Yati

        Iya, soft shell crab, kepiting yg barusan ganti kulit (cangkang). Tapi ga tau di Oslo ada apa ga. Di sini kayaknya ga ada. Biasanya di resto Thai ada…but saya belum pernah ke resto di sini…hehe🙂

        Reply
        1. Felicity Post author

          ahh…i see….Jadi tahu hal baru nih.. Btw, kasihan banget ya itu kepiting…baru aja ganti cangkang sudah dimakan oleh manusia…ngenes banget nasibnya…

          Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s