Percaya Nggak Percaya

felice

Saya aslinya penakut, nggak berani sendirian di rumah kalau sudah gelap, apalagi pergi ke loteng atau ruang bawah tanah saat tidak ada orang lain. Tapi, entah kenapa justeru orang penakut seperti saya ini malah beberapa kali mengalami peristiwa ‘percaya nggak percaya’ alias sesuatu yang berbau2x mistis atau supranatural. Hadehhh…. Why me?

Peristiwa paling gres dialami ketika tugas lapangan ke Indonesia bulan Januari 2015 lalu. Di salah satu hotel terbaru di kota Palu entah kenapa kamar di atas saya sejak jam 2 pagi sampai sarapan pagi terdengar suara ‘rusuh’ seperti meja atau kursi atau kaki tempat tidur digeser2x atau dibanting ke lantai berkali2x non-stop. Awalnya saya pikir wajar jika ada suara perabot digeser, mungkin oleh tamu, tapi kok ini non-stop ya? Beberapa hari kemudian di salah satu hotel besar di Palangkaraya saya terbangun sekitar jam 2 pagi (entah kenapa selalu kejadian anehnya sekitar jam 2 atau 3 pagi) karena TV yang tiba2x menyala sendiri dan perasaan ada ‘sesuatu’ yang naik ke tempat tidur sebelah saya (terasa dari gerakan kasur dan suara seprei yang bergesek dengan selimut). Biasanya saat mengalami hal2x semacam ini saya malahan tidak merasa takut, karena sudah terlalu capek atau mengantuk yang ada justeru saya tertidur meski tidak selalu berhasil karena suasana gaduh seperti di hotel tadi.

Kalau dilihat ke belakang, peristiwa2x aneh seperti ini sudah dialami ketika saya masih SD (sekitar usia 7-8 tahun). Suatu saat ketika jam makan siang saya melihat ayah pulang ke rumah yang memang jaraknya hanya sekitar 20 menit dari kantornya. Namun entah mengapa ‘ayah’ pergi kembali meninggalkan rumah setelah sekitar 10 menit. Waktu itu ada juga ibu yang sedang memasak sekaligus mencuci di belakang rumah sebagai saksi. Saya bahkan sempat salim (mencium tangan), mengoceh dan bertanya mengapa ‘ayah’ berjalan pincang dan terburu2x pergi serta tidak sempat makan siang. Sore hari ketika ayah pulang kantor barulah terjadi kehebohan karena ternyata ayah saya yang asli seharian itu berada di kantornya! Lalu siapa dong ‘ayah’yang datang ke rumah kami? Entahlah, hal ini masih menjadi misteri hingga hari ini.

Masih di sekitar waktu yang berdekatan, suatu malam sekitar jam 19.30 saya, bersama kakak dan 2 teman lain yang sebaya membeli jajanan. Tak ada angin atau pun hujan, di semak2x dan rimbunan pepohonan depan rumah seorang kawan yang agak terpencil kami semua melihat bola lampu atau cahaya aneh yang terbang dengan cepat di antara rimbunan pepohonan. Awalnya kami pikir itu adalah lampu senter, tapi kok pergerakannya cepat sekali? Kami juga sempat berpikir itu adalah kunang2x, tapi mengapa terang dan besar seperti bola api? Suasana kampung kami tahun 1980-an memang agak sepi, selain dekat kuburan juga masih dikelilingi rimbunan pohon kecapi, rambutan, sirsak, bambu dll. Respon kami waktu itu sih biasa2x saja, tidak lari terbirit2x atau menjerit ketakutan. Pak penjual jajanan mungkin yang sedikit heboh, dengan tergesa2x ia memindahkan gerobaknya ke posisi lain yang lebih terang. Jika diingat2x, adegan melihat bola lampu aneh saat jajan malam2x ini mirip seperti adegan di film2x horor Indonesia loh…hiyyyy….

Katanya, di keluarga kami (dari pihak ayah) memiliki kemampuan terkait hal2x yang agak2x berbau supernatural. Believe it or not. Jaman masih belum ada HP atau telepon dulu misalnya, setiap kali saya teringat bude (kakak dari pihak ayah), pasti keesokan harinya atau tidak lama kemudian sang bude akan datang ke rumah. Kadang saya iseng2x mencoba telepati ini dengan sengaja memikirkan bude, dan memang beliau datang ke rumah kami tidak lama kemudian. Aneh.

Pernah juga saat saya sedang gundah gulana dan merasa teraniaya (hehe, lebay.com deh) oleh seseorang saya mencoba mengirim telepati kepada ayah. Sebetulnya saat melakukan ini saya hanya sekedar iseng2x saja. Yang saya bayangkan waktu itu adalah ‘mengirimkan’ perasaan saya kepada ayah (cukup dengan dibayangkan saja dalam hati). Mau tahu apa yang terjadi keesokan harinya? Ayah berkata bahwa jam 4 subuh ia merasa ada suara perempuan dari luar rumah memanggil2xnya, dia mengira itu adalah saya….alhasil sejak jam 4 subuh sampai pagi hari ayah saya duduk di luar rumah karena penasaran. Saat ayah saya menceritakan hal tersebut saya tidak bilang apa2x tentang telepati iseng2x tadi karena enggan diinterogasi lebih jauh.

Selain hal2x di atas, hal aneh yang saya lami juga terkait dengan mimpi. Pernah dengar DEJA VU? Yep, beberapa kali saya merasakan bahwa peristiwa yang saya alami pernah dialami sebelumnya, di dalam mimpi yang sama persis.

Peristiwa paling aneh dialami ketika saya tahu bahwa adik tercinta akan meninggal dunia sekitar 40 hari sebelumnya saat yang bersangkutan masih sehat walafiat (lewat mimpi). Entah bagaimana banyak keanehan2x dialami kami berdua di hari2x tersebut mulai dari suara2x di luar rumah sampai ayam2x peliharaan yang tiba2x mati semua bersamaan. Repotnya, saya tidak tahu mana mimpi yang akan jadi kenyataan mana yang tidak, jadi saat mengalami mimpi buruk, saya berharap dan berdoa itu tidak akan jadi kenyataan.

Penglihatan2x yang aneh2x tadi masih berlanjut sampai sekarang, termasuk saat saya tinggal di negara orang. Meski awalnya saya mencoba menutupi hal ini, lama kelamaan hubby ngeh juga. Suatu ketika saat menghadiri pemakaman salah seorang kerabat hubby yang meninggal dunia, saya iseng2x bilang “Kok kayaknya saya melihat Tante Lisa (almarhumah yang dimakamkan) ditemani laki2x berkepala plontos ya…” Dengan muka bengong hubby langsung melihat ke arah saya dan bilang: “Itu mungkin paman Jon, suami tante Lisa, dia berkepala plontos, kok kamu tahu? Memang pernah lihat fotonya?”. Yang jelas saya tidak tahu seperti apa suami beliau yang meninggal puluhan tahun yang lalu termasuk melihat fotonya. Hmmm….

Bagaimana rasanya mengalami hal2x aneh semacam itu?
Yang jelas menganggu, BANGET. Kadang ada rasa kuatir dianggap aneh, delusional (amit2x…) dan mengada-ngada. Saya hanya berdoa supaya tidak dilihatkan sesuatu yang aneh2x atau menyeramkan. Tidak berpikir terlalu jauh mungkin solusi terbaik saat mengalami hal2x tidak masuk akal atau sulit dicerna.

Yah, sudahlah #pasrah.

NB: Maaf ya, buat postingan yang nggak jelas ini. Moga2x saya nggak dianggap aneh🙂

Ternyata postingan sebelumnya yang temanya mirip2x juga ada…

Di sini ada hantu? part 1
Di sini ada hantu? part 2

83 thoughts on “Percaya Nggak Percaya

  1. Failasufah

    Oh iya…jadi inget juga…pernah nginep di hotel B di dekat kawasan kota lama jakarta…lupa di lantai berapa…Sekamar berdua dg teman. Suatu ketika malam hr teman sy msh ada acara, sy masuk kamar sendirian. Begitu buka pintu…berasa semua makhluk yg ada di dalem nengok ke aku….bener deh…feelingku merasa begitu.😦

    Reply
    1. Felicity Post author

      Iya ada beberapa hotel yang auranya begitu memang… Kalau sudah merasa nggak enak saya nggak mau berpikir macam2x…. Pernah saya bermalam di satu hotel berbintang dekat bandara yang di sampingnya rawa2x… kapok deh, nggak mau di sana lagi, cukup sekali saja….🙂

      Reply
  2. Failasufah

    Mbak feli…kalo saya… pernah beberapa kali mendengar suara dari makhluk tak terlihat. Waktu di dapur…pernah denger suara uluk salam padahal gak ada siapa2 d situ selain saya…sy juga udah cek ke belakang dapur gak ada siapa2…
    Pernah juga waktu di rumah sendirian sy dengar suara uluk salam, yg mirip banget dg suara adik saya yg tinggal di luar kota. Kejadiannya malem2. Sy buka pintu depan…gak ada orang. Buka pintu belakang…gak ada orang.
    Kayaknya ada yg iseng main2 dg saya deh..😦
    Iya bener rasanya nggak nyaman banget…😦
    Tapi semoga sy nggak diganggu lagi deh.😦

    Reply
    1. Felicity Post author

      Memang nggak nyaman banget, ada rasa kuatir jangan2x saya sendiri yang berhalusinasi. Biasanya saya nggak berpikir macam2x kalau melewati atau berada di tempat2x yang kemungkinan ada sesuatunya, trik ini membantu banget🙂

      Reply
    1. Felicity Post author

      Betul…Nggak nyaman banget…. Kita nggak tahu kapan mengalami hal2x begini atau kapan ada penampakan2x… Karena terbiasa, saya jadi cuek dan tidak mau berpikir terlalu jauh saat kejadian.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s